5 Fakta Jintan Hitam, Rempah Obat Segala Penyakit Menurut Rasulullah

Yenny Mustika Sari - detikFood Jumat, 05 Jun 2020 19:30 WIB
Fakta Menarik Jintan Hitam Foto: Getty Images/Rouzes
Jakarta -

Jintan hitam adalah rempah kaya khasiat. Bahkan jintan hitam disebut obat dari segala macam penyakit menurut Rasulullah SAW.

Jintan hitam atau biasa juga dikenal dengan habbatussauda merupakan tanaman berbunga yang menghasilkan biji yang dikategorikan sebagai rempah-rempah. Tak hanya itu, jintan hitam juga banyak digunakan dalam campuran obat-obatan, salah satunya untuk mengobati sakit perut.

Rempah berwarna hitam ini telah dikenal sejak ribuan tahun lalu. Banyak digunakan oleh masyarakat di India, Pakistan, dan negara-negara Timur Tengah lainnya. Penggunaan jintan hitam ditujukan untuk mengobati beragam penyakit.

Jintah hitam atau habbatussauda ini telah dinyatakan sebagai obat segala penyakit menurut Nabi Muhammad SAW. Dalam hadist Abu Hurairah r.a., Rasullulah SAW bersabda, "Sesungguhnya pada jintan hitam itu terdapat obat untuk segala macam penyakit, kecuali kematian."

Berikut 5 fakta seputar jintan hitam yang digunakan sebagai obat dari segala macam penyakit.

Baca Juga: Makan Kurma dan Minum Air Putih, Buka Puasa Sederhana Rasulullah

1. Apa Itu Jintan Hitam?

Dilansir dari akun Twitter @agrofood_plant (4/6), jintan hitam atau yang juga dikenal dengan habbatussauda merupakan tanaman herbal berbunga yang tumbuh secara tahunan. Tanaman ini tumbuh dengan tinggi sekitar 20-30 cm. Berupa bunga yang menghasilkan biji berwarna hitam.

Fakta Menarik Jintan HitamFakta Menarik Jintan Hitam Foto: Getty Images/Rouzes

Jintan hitam banyak ditemui di kawasan India, Pakistan, hingga Timur Tengah. Tak hanya punya sebutan habbatussauda, jintan hitam juga dikenal dengan nama lain di beberapa negara. Seperti kalonji untuk bangsa Hindi, nigell untuk negara Perancis, black carawai di Jerman, hingga neguilla di Spanyol.

Jintan hitam tak hanya berupa biji-bijian saja, seiring berkembangnya zaman rempah tersebut diolah dengan banyak variasi. Seperti dijadikan ekstrak minyak hingga bentuk pil yang mudah ditemui di pasar herbal. Ini menandakan kalau jintan hitam memang digunakan untuk mengobati beragam penyakit.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Nggak Cuma Obat Herbal, Daun Kelor Bisa Jadi Cokelat Lezat"
[Gambas:Video 20detik]