Rempah-rempah Asli Indonesia yang Penuh Manfaat dan Bikin Sedap Masakan

Puti Yasmin - detikFood Kamis, 04 Jun 2020 15:00 WIB
susu rempah Foto: istimewa/Rempah-rempah Asli Indonesia yang Penuh Manfaat dan Bikin Sedap Masakan
Jakarta -

Indonesia memiliki tanah yang subur sehingga ada banyak rempah-rempah yang tumbuh dari Sabang hingga Merauke. Bahkan, rempah-rempah asli Indonesia dulu dicari-cari oleh bangsa Eropa.

Dalam wawancara dengan detikcom beberapa waktu yang lalu, Ketua Negeri Rempah Foundation Kumoratih Kushardjanto membenarkan hal itu, Ia menjelaskan ada 500 spesies rempah-rempah yang tersebar di dunia dan sekitar 275 berada di Asia Tenggara, khususnya Indonesia.

"Kalo kita bicara sejarah rempah-rempah Nusantara, saya bilang Nusantara karena waktu itu belum ada Indonesia, yang jelas kita harus pahami dulu Nusantara itu tempat di mana tumbuh subur keanekaragaman hayati. Keanekaragaman hayati tinggi sekali nomor dua terbesar setelah Brasil. Dengan sendirinya, rempah menempati jenis yang banyak di Nusantara," ungkap dia kepada detikFood 2018 silam.

Berikut rempah-rempah asli Indonesia:

1.Jahe

Teh jahe bawang putihRempah-rempah Asli Indonesia Foto: iStock

Selain biasa digunakan untuk menambah cita rasa makanan, jahe juga digunakan sebagai obat. Karakteristik dari rempah-rempah ini adalah rasa pedas yang bisa menghangatkan tubuh.

Beberapa penelitian mencatat, mengonsumsi jahe dapat menyehatkan pencernaan, mengatasi rasa mual, masuk angin, hingga flu. Cara meraciknya pun mudah, cukup dengan mengiris jahe tipis-tipis dan campurkan dengan minuman hangat.

2.Temulawak

TemulawakRempah-rempah Asli Indonesia Foto: shutterstock

Mengonsumsi temulawak bisa menjadi solusi untuk menambah nafsu makan seseorang. Selain itu, rempah-rempah yang memiliki bentuk layaknya kunyit ini juga mengandung kurkumin dan flavonoid sebagai antioksidan yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

3.Kunyit

nasi kuning. indonesian yellow rice served with fried chicken on banana leafRempah-rempah Asli Indonesia Foto: iStock

Rempah-rempah dan manfaatnya ini diketahui bagus untuk sistem pencernaan. Sebab, kunyit dapat memengaruhi bakteri dalam usus dalam cara berkomunikasi antara usus dan otak.

Kunyit juga diketahui berguna sebagai pewarna makanan kuning alami. Warna tersebut berasal dari kurkumin yang terkandung dan mampu mencegah peradangan dalam tubuh.

4.Cengkeh

pile cloves on wood backgroundRempah-rempah Asli Indonesia Foto: iStock

Cengkeh memiliki rasa wangi yang khas saat dikonsumsi. Pada zaman dahulu, rempah-rempah ini biasa digunakan sebagai pewangi nafas dengan cara mengunyahnya.

Dalam pengobatan China, cengkeh biasa digunakan untuk mengatasi rasa mual hingga gangguan pencernaan. Untuk mengonsumsinya, cengkeh bisa dicampurkan ke dalam makanan, direbus dengan air, atau dijadikan bubuk.

5.Sereh

Cinnamon sticks and powder isolated on white backgroundRempah-rempah Asli Indonesia Foto: iStock

Rempah-rempah asli Indonesia yang terakhir adalah sereh. Rempah ini biasa digunakan sebagai penambah masakan khas Indonesia karena rasanya yang wangi.

Sereh diketahui mengandung kurkumin, vitamin A, vitamin C, kalium, kalsium, serta zat besi. Berbagai masalah dalam tubuh juga bisa diatasi dengan antijamur, antibakteri, antiinflamasi, dan antioksidan dalam sereh.



Simak Video "Rempah-rempah Ternyata Bisa Jadi Aksesori Keren"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/erd)