10 Makanan untuk Menyehatkan Paru-paru dan Saluran Pernafasan

Tim detikfood - detikFood Selasa, 07 Sep 2021 06:00 WIB
Agar Paru-Paru Lebih Sehat, Konsumsilah 5 Makanan Kaya Omega 3 Ini Foto: Getty Images/iStockphoto/cegli

8. Kopi

Kabar baik untuk pencinta kopi. Minum kopi ternyata bukan hanya bisa memasok energi, melainkan juga menguntungkan untuk kesehatan paru-paru.

Penelitian membuktikan asupan kopi bantu meningkatkan fungsi paru-paru dan melindungi dari beragam penyakit pernapasan. Bahkan ada juga yang menyebut minum kopi dalam jangka panjang bisa mengurangi risiko asma.

9. Brokoli

Manfaat Sehat Brokoli untuk TubuhFoto: Getty Images/iStockphoto

Sayuran hijau yang renyah segar ini mudah didapat. Brokoli juga mengandung sejuta manfaat sehat. Brokoli tinggi kandungan vitamin C, karotenoid, folat, dan fitokimia yang bantu melawan kerusakan di paru-paru.

Brokoli juga mengandung L-sulforaphane, yang menipu sel untuk mengaktifkan gen antiinflamasi yang selanjutnya menghindari gangguan pernapasan.

10. Jahe

Satu lagi makanan untuk menyehatkan paru-paru dan saluran pernafasan. Jahe tidak hanya bersifat antiinflamasi, tapi juga membantu detoksifikasi paru-paru.

Jahe membantu dalam mengurangi sumbatan saluran udara dan meningkatkan sirkulasi ke paru-paru. Pada akhirnya konsumsi jahe juga bisa meningkatkan kesehatan paru-paru secara umum.

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua


Simak Video "Menyantap Tteokbokki hingga Cheese Ramyun Sambil Lesehan"
[Gambas:Video 20detik]

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com