10 Makanan untuk Menyehatkan Paru-paru dan Saluran Pernafasan

Tim detikfood - detikFood Selasa, 07 Sep 2021 06:00 WIB
Agar Paru-Paru Lebih Sehat, Konsumsilah 5 Makanan Kaya Omega 3 Ini Foto: Getty Images/iStockphoto/cegli

4. Paprika

Selain apel, paprika juga masuk kategori makanan yang menyehatkan paru-paru dan saluran pernafasan. Paprika bisa kamu olah sebagai tumisan atau bahkan isian telur dadar.

Mengenai nutrisinya, paprika tinggi kandungan vitamin C yang bertindak sebagai antioksidan. Konsumsi satu paprika ukuran sedang bahkan bisa memenuhi 169% kebutuhan harian akan vitamin C.

5. Tomat

Tomat dan produk olahannya adalah sumber likopen yang sangat baik. Likopen adalah antioksidan karotenoid yang dikaitkan dengan kesehatan paru-paru yang lebih baik.

Penelitian tahun 2019 terhadap 105 partisipan mengungkap mereka yang konsumsi banyak tomat memiliki prevalensi lebih rendah mengalami asma. Selain itu, konsumsi tomat juga dikaitkan dengan penurunan fungsi paru-paru yang lebih rendah pada kalangan eks perokok.

6. Teh hijau

Khasiat Teh Hijau, Menangkal Virus Corona Hingga Sehatkan JantungFoto: Getty Images/iStockphoto/Natali_Mis

Selain makanan, ada minuman yang menyehatkan paru-paru dan saluran pernafasan, teh hijau. Minuman herbal ini tinggi antioksidan bernama Epigallocatechin gallate (EGCG).

Manfaat lainnya, konsumsi ekstrak EGCG yang ditemukan pada teh hijau disebut bisa mengobati penyakit fibrosis paru. Untuk konsumsi sehari-hari, kamu bisa mengonsumsinya dalam bentuk teh celup atau seduhan daun kering, namun jangan menyeduhnya dengan air mendidih.

7. Yogurt

Siapa sangka yogurt termasuk makanan yang bisa menyehatkan paru-paru dan saluran pernafasan. Yogurt kaya akan kalsium, potasium, fosfor, dan selenium.

Menurut penelitian, semua nutrisi tersebut bisa bantu menyehatkan fungsi paru-paru. Penelitian di Jepang juga menemukan mereka yang mengasup banyak nutrisi yang ditemukan dalam yogurt memiliki risiko lebih rendah alami penyakit COPD.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Menyantap Tteokbokki hingga Cheese Ramyun Sambil Lesehan"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com