5 Aturan Minum Kopi Agar Tak Picu Lonjakan Darah Tinggi

Devi Setya - detikFood Senin, 06 Sep 2021 06:00 WIB
Ini 5 Tips Minum Kopi yang Aman untuk Penderita Asam Lambung Foto: iStock
Jakarta -

Kandungan kafein dalam kopi disebut-sebut bisa menyebabkan darah tinggi. Namun bukan berarti kopi harus dihindari dan sama sekali tak boleh dikonsumsi. Simak penjelasan lengkapnya.

Kafein dalam kopi dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah secara singkat, namun tidak melonjak secara dramatis. Hal ini bahkan terjadi meskipun kamu tidak memiliki riwayat tekanan darah tinggi sekalipun.

Dilansir dari MayoClinic (5/9), belum jelas apa yang menyebabkan lonjakan tekanan darah ini. Respon tekanan darah terhadap kafein berbeda-beda pada setiap orang.

Beberapa peneliti percaya bahwa kafein dapat memblokir hormon yang membantu menjaga arteri melebar. Di samping itu, kafein juga menyebabkan kelenjar adrenal dalam tubuh melepaskan lebih banyak adrenalin, hal ini berefek pada tekanan darah yang otomatis akan meningkat.

Beberapa orang yang secara teratur minum minuman berkafein memiliki tekanan darah rata-rata lebih tinggi daripada mereka yang tidak minum sama sekali. Orang lain yang secara teratur minum minuman berkafein memiliki toleransi lebih tinggi terhadap kafein. Akibatnya, kafein tidak memiliki efek jangka panjang pada tekanan darah mereka.

Berikut fakta dan aturan minum kopi agar tak terjadi lonjakan tekanan darah tinggi:

1. Perhatikan porsi kopi

ukur tekanan darah5 Aturan Minum Kopi Agar Tak Picu Lonjakan Darah Tinggi Foto: Thinkstock

Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat mengatakan 400 miligram kafein sehari masih terbilang aman dikonsumsi. Namun bagi orang yang memiliki kekhawatiran akan lonjakan tekanan darah, maka bisa membatasinya dengan konsumsi setengahnya atau sekitar 200 miligram per hari.

Takaran kafein 200 miligram kira-kira sama dengan jumlah dua cangkir kopi ukuran 237 mililiter.

Namun jika kamu memiliki riwayat tekanan darah tinggi, maka hindari kopi sebelum melakukan aktivitas fisik seperti olahraga atau melakukan pekerjaan berat.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Yamaha V80 Ini Disulap Jadi Kedai Kopi Tengah Malam"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com