Tempe Mentah Dicocol Madu Kian Bernutrisi, Ini Kata dr Zaidul Akbar

Diah Afrilian - detikFood Jumat, 03 Sep 2021 05:00 WIB
Cooking Class - Tempe Foto: iStock

Kandungan Gizi Tempe

Cooking Class - TempeFoto: iStock

Sebagai makanan fermentasi, tempe memiliki banyak kandungan nutrisi. Secara garis besar, tempe mengandung kalori, protein, karbohidrat, serat dan berbagai mineral. Kandungan lemak pada tempe juga merupakan lemak sehat yang aman untuk dikonsumsi.

Lemak pada tempe terdiri dari lemak tak jenuh tunggal, asam lemak omega-3, dan omega-6. Bahkan konsumsi tempe secara rutin tak hanya dapat mengatasi rasa lapar, tetapi juga dapat membantu mengendalikan kolesterol jahat.

Kandungan nutrisi pada tempe juga diklaim bisa memperkuat sistem imun sehingga lebih kuat menahan paparan virus Covid-19. Hal ini diungkap Dr. Driando Ahnan-Winarno yang merupakan bagian dari Indonesia Tempe Movement. Dr. Driando telah membuktikan lewat beberapa penelitian soal tempe.

"Sudah ada penelitian tentang sistem imun baik itu kalau kita bisa makan yang kaya serat, antioksidan dan lemak sehat atau lemak tidak jenuh," tutur Dr. Driando.

Lebih lanjut, Dr.Driando menyebutkan bahwa tempe telah terbukti secara ilmiah kaya akan serat, antioksidan dan lemak sehat. Karenanya tempe diklaim dapat memperkuat sistem imun tubuh, sehingga mengurangi risiko terpaparCOVID-19.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com