Hati-hati! 7 Pola Makan Ini Bisa Bikin Tubuh Gemuk

Diah Afrilian - detikFood Rabu, 25 Agu 2021 06:00 WIB
Porsi kecil Foto: Istimewa

3. Makan Sebelum Tidur

Makan sebelum tidurFoto: Thinkstock

Jika ingin tubuh yang lebih ramping, berikan jeda waktu yang cukup antara makan dengan tidur. Tubuh membutuhkan waktu untuk mencerna makanan yang masuk agar ketika tidur organ pencernaan dapat beristirahat dan tidak bekerja terlalu berat.

"Bahkan sayuran bisa membuat tubuh bekerja lebih berat! Jika kamu tidak memberikan waktu tubuh untuk mencerna makanan, maka kamu tidak membiarkan sel, hormon dan metabolisme dapat memperbaiki sistemnya sendiri. Ini akan menghasilkan kegagalan penurunan berat badan," kata Kaylen Bogden selaku ahli nutrisi olahraga.

4. Minum Minuman Kemasan

Minum minuman kemasan yang dikatakan sebagai minuman sehat sekalipun sebenarnya cukup berbahaya untuk kadar kalori di dalam tubuh. Minuman kemasan cenderung mengandung pemanis dan berbagai bahan tambahan lain yang akan menggagalkan penurunan berat badan.

"Biasanya minuman kemasan ini kurang akan kandungan protein dan seratnya dan kamu hanya akan mendapatkan minuman yang rendah akan kandungan buah dan sayurnya. Padahal serta dan protein ini sangat dibutuhkan untuk mengendalikan berat badan dengan cara menjaga kenyang lebih lama," kata Roxana Ehsani selaku juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics.

5. Makan dalam Porsi Kecil

Porsi kecilFoto: Istimewa

Makan dalam porsi kecil dan lebih sering dikatakan sebagai salah satu cara terbaik untuk membantu menurunkan berat badan. Sayangnya bertahan pada kebiasaan ini seringkali juga membuat banyak orang makan berlebihan.

"Banyak pelaku diet yang mengatakan bahwa makan yang baik adalah 6 kali sehari dengan porsi kecil. Tetapi jarang ada yang mengetahui bahwa kita tetap harus memahami tubuh kapan saatnya lapar dan kapan merasa kenyang," kataEhsani.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com