5 Makanan Antiinflamasi Ini Bisa Cegah Badai Sitokin Makin Parah

ADVERTISEMENT

5 Makanan Antiinflamasi Ini Bisa Cegah Badai Sitokin Makin Parah

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Selasa, 24 Agu 2021 17:00 WIB
Strawberry isolated on white background cutout
Foto: iStock

4. Minyak zaitun

Minyak zaitun terkenal sebagai jenis minyak sehat dan minyak favorit para pelaku diet. Minyak zaitun rupanya juga tergolong makanan antiinflamasi yang bagus dikonsumsi rutin.

Minyak zaitun kaya akan lemak tak jenuh tunggal yang bermanfaat bagi tubuh. Konsumsinya terbukti bisa mengurangi risiko penyakit jantung, kanker otak, dan penyakit serius lainnya.

Efek antioksidan oleocanthal yang ditemukan dalam minyak zaitun, telah dibandingkan peneliti memiliki sifat antiinflamasi layaknya ibuprofen. Konsumsi extra virgin olive oil untuk pilihan terbaik.

5. Buah berry

Strawberry isolated on white background cutoutFoto: iStock

Konsumsi ragam sayur dan buah utuh sangat disarankan peneliti untuk mencegah inflamasi. Salah satu yang diunggulkan sebagai makanan inflamasi adalah buah berry.

Meski ukurannya mungil, buah berry mengandung banyak serat, vitamin, dan mineral. Buah berry juga mengandung antioksidan bernama anthocyanin yang bersifat antiinflamasi.

Sebuah penelitian pada pria menemukan mereka yang konsumsi blueberry setiap hari memproduksi lebih banyak sel NK setiap hari dibanding yang tidak. Sel NK adalah natural killer cells atau jenis sel yang bantu menjaga sistem imun berfungsi maksimal.

Selain blueberry, kamu juga bisa mengonsumsi strawberry, raspberry, dan blackberry. Jadikan buah-buahan ini sebagai alternatif camilan sehat.



Simak Video "Gemasnya Bakpao Karakter Khas Imlek di Solo"
[Gambas:Video 20detik]

(adr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT