Badai Sitokin Bisa 'Dilawan' dengan 4 Makanan Kaya Probiotik Ini

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 23 Agu 2021 19:00 WIB
An overhead close up horizontal photograph of four artisanal and three traditional cheeses. JalapeƱo peppadew,brie, buffalo wing flavor, Jarlsberg, smoked Gouda with bacon, sharp Provolone and Wasabi (horseradish) flavored cheese, garnished with curly parsley and some red grapes. Foto: iStock
Jakarta -

Badai sitokin membuat Deddy Corbuzier nyaris meninggal. Kondisi medis ini disebut peneliti bisa dilawan dengan mengonsumsi makanan kaya probiotik.

Presenter sekaligus YouTuber Deddy Corbuzier datang dengan kabar mengejutkan. Ia mengatakan alasannya rehat dari media sosial beberapa waktu lalu karena fokus memulihkan kesehatannya.

Rupanya ayah satu anak ini mengalami badai sitokin yang membuatnya hampir meninggal. Padahal saat itu dirinya negatif Covid-19.

Dikutip dari Detik Health (23/8/21), badai sitokin merujuk pada kondisi sistem imun yang memberikan respons berlebihan. Normalnya, sistem imun mengandung berbagai komponen untuk melawan infeksi.

Masing-masing komponen sistem imun berkomunikasi melalui molekul yang dinamakan sitokin. Pada kondisi tertentu, respons sistem imun muncul berlebihan sehingga menimbulkan lebih banyak risiko berbahaya dibanding bermanfaat.

Lantas bisakah badai sitokin diatasi dengan konsumsi makanan tertentu? Mengutip BioSpace (8/4/21), penelitian terbaru dari Ben-Gurion University of the Negev (BGU) di Israel menemukan bahwa molekul terisolasi dari olahan susu kaya probiotik begitu bermanfaat.

Makanan ini berpotensi sebagai kandidat 'obat' baru untuk melawan bakteri patogen dan mengobati penyakit inflamasi, termasuk badai sitokin yang terkait dengan penyakit coronavirus 2019 (COVID-19). Temuan dari penelitian ini diterbitkan dalam jurnal Microbiome.

Lalu apa saja olahan susu kaya probiotik yang bisa kamu konsumsi? Berikut daftarnya:

1. Kefir

Rustic products: homemade fermented milk kefir (sour cream) in a wooden spoon and clay bowl, some brown eggs and biscuit sticks on linen cloth. Rustic natural organic foodFoto: iStock

Peneliti BGU secara khusus menyebut kefir dalam kaitannya melawan badai sitokin. Makanan kaya probiotik ini juga bisa mendorong sistem imun yang sehat dan meningkatkan keragaman serta keseimbangan populasi bakteri baik di dalam usus.

Kefir dibuat dari fermentasi susu dan biji kefir. Susu yang dipakai umumnya sapi atau kambing. Kefir memiliki kemiripan dengan yogurt. Teksturnya kental dan rasa asamnya juga lumayan tajam.

Minuman probiotik ini kaya akan bakteri Lactobacillus acidophilus dan Bifidobacterium bifidum. Selain itu, kefir jua mengandung vitamin B, vitamin K, asam folat, kalium, magnesium, fosfor.

Selain melawan badai sitokin, manfaat konsumsi kefir antara lain mencegah alergi dan asma, memerangi kanker, hingga membantu detoksifikasi racun.

2. Yogurt

Selain kefir, olahan susu kaya probiotik selanjutnya adalah yogurt. Makanan ini sudah sangat populer di kalangan pelaku hidup sehat.

Yogurt umumnya mengandung bakteri asam laktat dan bifidobacteria yang baik untuk kesehatan usus. Pilih yogurt yang alami dan dibuat dengan sedikit atau bahkan tanpa bahan tambahan.

Pastikan juga membeli yogurt yang mengandung probiotik hidup di dalamnya. Sebab banyak produk yogurt yang dalam proses pembuatannya justru mematikan bakteri baik di dalamnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Cukup Bayar Rp 2.000, Bisa Makan Sepuasnya di Warung Ini"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com