5 Makanan Antiinflamasi Ini Bisa Cegah Badai Sitokin Makin Parah

ADVERTISEMENT

5 Makanan Antiinflamasi Ini Bisa Cegah Badai Sitokin Makin Parah

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Selasa, 24 Agu 2021 17:00 WIB
Strawberry isolated on white background cutout
Foto: iStock

2. Teh hijau

Peneliti juga menyebut teh, khususnya teh hijau, sebagai minuman sehat yang bisa mengurangi risiko inflamasi. Hal ini lantaran teh hijau tinggi kandungan antioksidan dan senyawa antiinflamasi, terutama yang bernama epigallocatechin-3-gallate (EGCG).

EGCG menghambat peradangan dengan mengurangi produksi sitokin pro-inflamasi dan kerusakan asam lemak dalam sel tubuh. Pastikan meminum teh hijau dengan benar. Jangan menyeduhnya dengan air mendidih, cukup dengan air bersuhu 70-80 derajat Celcius.

3. Ikan omega 3

SalmonFoto: Getty Images/iStockphoto/Oxana Medvedeva

Makanan antiinflamasi selanjutnya adalah ikan berlemak atau ikan dengan kandungan lemak sehat. Lemak yang dimaksud adalah asam lemak omega 3 EPA dan DHA.

Ikan dengan kandungan asam lemak omega 3 terbaik adalah salmon, sarden, dan kembung. Kandungan EPA dan DHA di dalamnya bisa mengurangi inflamasi yang menyebabkan kondisi kesehatan lebih serius, seperti sindrom metabolik, penyakit jantung, diabetes, dan ginjal.

Tubuh nantinya akan memetabolisme asam lemak omega 3 menjadi senyawa bernama resolvin dan protectin yang berkaitan dengan efek antiinflamasi.



Simak Video "Gemasnya Bakpao Karakter Khas Imlek di Solo"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT