7 Diet untuk Pria, Turunkan Berat Badan hingga Sehatkan Jantung

Tim Detikfood - detikFood Selasa, 17 Agu 2021 08:30 WIB
5 Pola Diet Terbaik untuk Pria, Pangkas Lemak hingga Tingkatkan Gairah Seksual Foto: Getty Images/TaManKunG
Jakarta -

Laki-laki memiliki kebutuhan kalori dan asupan nutrisi yang berbeda dengan wanita. Karenanya pola diet yang dijalankan juga berbeda.

Beda usia, tingkat aktivitas, dan kondisi kesehatan, berbeda pula jenis dietnya. Seperti pola diet untuk laki-laki yang lebih muda butuh asupan nutrisi seperti kalsium, vitamin D, dan protein lebih tinggi untuk menunjang perkembangan tulang dan otot.

Sementara pada laki-laki dewasa selain untuk menjaga kebugaran tubuh, pola diet bisa difokuskan untuk membantu mengurangi risiko penyakit kronis.

Berikut diet laki-laki yang bisa disesuaikan beragam kondisi tubuh dan kesehatan, dirangkum dari berbagai sumber.

1. Diet mediteranian untuk turun berat badan

Diet mediteranian menekankan pada konsumsi buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, ikan, susu, sedikit daging putih dan merah, dan sedikit telur.

Sebuah penelitian menunjukkan orang yang menjalankan diet mediteranian berhasil menurunkan berat badan dan lemak pada perut.

Diet jenis ini juga banyak dikaitkan dengan segudang manfaat kesehatan, di antaranya meredam peradangan, menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes, dan jenis kanker tertentu.

Diet Pegan, Kombinasi Diet Vegan dan Paleo yang Hits di Tahun 20217 Diet untuk Pria, Turunkan Berat Badan hingga Sehatkan Jantung Foto: iStock

2. Diet paleo untuk tingkatkan massa otot

Diet paleo bisa menjadi pilihan diet laki-laki untuk meningkatkan dan membentuk otot Pola diet ini sering juga disebut sebagai diet manusia purba karena diet ini mengadopsi pola makan manusia purba pada zaman paleolitikum.

Diet Paleo sering direkomendasikan bagi laki-laki yang ingin mendorong perkembangan massa otot.

Sedikit berbeda dengan pola diet lainnya, diet paleo menekankan asupan sehat seperti buah, sayuran, daging, ikan, dan unggas. Sementara biji-bijian, kacang-kacangan, susu, dan gula dibatasi.

Hal tersebut ditunjang dengan penelitian yang menunjukkan bahwa diet paleo dapat mengurangi lemak tubuh, lemak perut, dan membantu penurunan berat badan.

Pola makan pada Dietary Approaches to Stop Hypertension (DASH) mengutamakan konsumsi lebih banyak buah, sayuran, biji-bijian, dan susu rendah lemak.

Studi menunjukan diet DASH bekerja menurunkan tingkat tekanan darah, kolesterol total, dan kolesterol LDL (lemak jahat) yang merupakan faktor-faktor risiko penyakit jantung.

3. Diet DASH untuk menjaga kesehatan jantung

Selain itu, diet DASH juga mencegah risiko stroke dan diabetes tipe 2. American Heart Association merekomendasikan pola makan yang mendukung diet jantung sehat seperti berikut, merujuk Medical News Today:

Membatasi makanan yang berlemak jenuh, lemak trans, garam, daging merah, serta makanan dan minuman manis.

• Mengonsumsi biji-bijian yang kaya serat
• Mengonsumsi berbagai jenis ikan setidaknya dua kali seminggu
• Membatasi konsumsi alkohol
• Menjaga porsi makan cukup saat sedang makan di luar rumah.

Pola diet apa saja yang cocok untuk pria muda dan dewsa? Simak info selengkapnya DI SINI !



Simak Video "Bikin Laper: Lobster Mentai Mozzarella yang Menggoda"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com