7 Makanan Tinggi Vitamin K Ini Bisa Cegah Keparahan Gejala Covid-19

Diah Afrilian - detikFood Sabtu, 14 Agu 2021 06:00 WIB
kacang-kacangan Foto: Istimewa

3. Apel

Ilustrasi seorang wanita tengah makan apelFoto: iStock

Selain kaya serat, apel juga mengandung vitamin K yang cukup tinggi. Satu buah apel ukuran kecil bahkan mengandung hingga 5 mikrogram vitamin K.

Apel menjadi buah yang disarankan karena kemudahannya untuk dikonsumsi. Bahkan apel seringkali direkomendasikan sebagai buah yang bisa dipilih untuk alternatif camilan yang lebih sehat.

4. Kacang Kedelai

Kacang kedelai punya kandungan vitamin K yang sangat baik. Beragam olahan kacang kedelai yang disarankan untuk dikonsumsi misalnya seperti minyak kedelai, tempe dan natto yang terbuat dari fermentasi kacang kedelai.

Dalam satu sendok makan minyak kacang kedelai saja sudah bisa memberikan asupan vitamin K sebanyak 25 mikrogram. Kadar ini sangat baik untuk dikonsumsi secara rutin dan mungkin minyak kacang kedelai juga bisa menjadi alternatif minyak yang lebih sehat.

5. Kacang-Kacangan

kacang-kacanganFoto: Istimewa

Ukuran kacang-kacangan yang cenderung kecil justru mengandung banyak protein, serat serta kandungan lemak yang baik untuk kesehatan.
Kacang-kacangan juga memiliki komponen yang dapat melawan inflamasi dan menjaga kesehatan jantung.

Kacang-kacangan yang disarankan adalah kacang almond, mede dan berbagai kacang-kacangan lainnya. Untuk memudahkan konsumsi kacang dengan rutin, kamu juga bisa mengganti camilan sehatmu menjadi segenggam kacang-kacangan.

6. Ikan

American Heart Association merekomendasikan untuk konsumsi ikan seperti salmon atau tuna paling tidak dua kali dalam seminggu. Hal ini disebabkan oleh kandungan minyak sehatnya, protein serta mineral yang sangat bermanfaat untuk tubuh.

Ikan seperti salmon atau bahkan udang sekalipun memiliki kadar vitamin K yang juga dapat melindungi tubuh di masapandemiCovid-19. Pada 85 gram ikan tuna kalengan bahkan bisa memberikan vitamin K sebanyak 37 mikrogram untuk tubuh.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com