ADVERTISEMENT

5 Makanan dalam Alquran Ini Bantu Atasi Gangguan Pernapasan

Diah Afrilian - detikFood
Jumat, 06 Agu 2021 06:00 WIB
olive tree branch dipped in bowl of olive oil
Foto: iStock

3. Anggur

anggur dan aprikotFoto: iStock

Warna ungu pada anggur menunjukkan kandungan flavonoid dan antioksidan yang tinggi. Hal ini juga menandakan anggur memiliki manfaat antiinflamasi yang sangat baik. Pada zat flavonoid dalam anggur juga terkandung komponen yang bernama narigin.

Bukan hanya gangguan pernapasan, anggur juga memiliki manfaat untuk mencegah tumbuhnya tumor pada paru-paru. Mengonsumsi anggur sebagai camilan yang lebih sehat juga sangat disarankan oleh para ahli untuk menjaga kesehatan paru-paru.

Bahkan manfaat anggur sendiri juga disebutkan langsung dalam ayat Alquran. "Dari buah kurma dan anggur, kamu membuat minuman yang memabukkan dan rezeki yang baik. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang mengerti," (QS Al-Nahl ayat 67)

4. Jahe

Jahe memiliki kandungan antiseptik dan antibakteri yang sangat baik untuk melawan infeksi virus dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Terutama pada saluran pernapasan, mengonsumsi teh jahe bahkan dikatakan sebagai cara terbaik untuk melegakan saluran pernapasan.

Tak hanya virus dan bakteri yang mengganggu paru-paru, jahe juga bisa membantu membersihkan nikotin yang ada dalam paru-paru perokok. Jahe dianggap sebagai rempah yang berasal dari surga yang tidak hanya bermanfaat bagi saluran pernapasan tetapi juga bagi imunitas tubuh.

Pengakuan jahe sebagai minuman surga ini bahkan juga secara langsung dijelaskan pada ayat Alquran. "Di dalam surga itu mereka diberi minum segelas (minuman) yang campurannya adalah jahe," (QS: Al Insan: 17).

5. Zaitun

olive tree branch dipped in bowl of olive oilFoto: iStock

Manfaat buah zaitun disebutkan berkali-kali dalam Alquran. Mulai dari surat An-Nuur, Al-An'am, An-Nahl, Al-Mu'minun serta Abasa. Hal ini dikarenakan buah zaitun memiliki manfaat yang sangat banyak.

Buah zaitun memiliki kandungan senyawa organik seperti zat besi, serta, tembaga, vitamin E, senyawa fenolik, asam oleat hingga berbagai macam antioksidan. Tingginya kandungan antioksidan dalam buah zaitun juga menjadi alasan yang membuat zaitun dapat melawan infeksi virus dan bakteri.

Dianggap sebagai buah yang diberkahi Allah SWT., bahkan pada salah satu ayat Alquran Allah SWT melalui firmannya pernah bersumpah demi buah zaitun. "Demi buah tin, buah zaitun, bukit Sinai dan negeri yang aman ini," (QS. At-Tin ayat 1-3).

Baca juga: 5 Aturan Makan Sehat Mengikuti Anjuran Al-Quran



Simak Video "Gerai Vegetarian di Senopati Ini Tawarkan Citarasa Resto Siap Saji"
[Gambas:Video 20detik]

(dfl/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT