Diet Defisit Kalori untuk Kurangi Berat Badan, Ini Aturan dan Menunya

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 02 Agu 2021 05:00 WIB
Diet Defisit Kalori untuk Kurangi Berat Badan, Ini Aturan dan Menunya Foto: Getty Images/iStockphoto/KarinaUrmantseva

3. Cara mencapai defisit kalori

Cara utama untuk mencapai kondisi defisit kalori adalah dengan mengonsumsi kalori lebih sedikit, meningkatkan aktivitas fisik, atau mengombinasikan keduanya. Namun yang paling bisa bertahan dalam jangka waktu lama adalah lewat konsumsi makanan.

Ada beberapa tips untuk mengonsumsi lebih sedikit kalori. Tips ini bisa mulai kamu praktikkan dari sekarang.

Pertama, hindari konsumsi minuman berkalori yang berarti minuman manis seperti soda, jus buah, atau minuman kopi kemasan.

Kedua, batasi konsumsi makanan ultra proses dan makanan olahan. Mulai dari menu fast food, dessert, sampai sereal sarapan. Semua jenis makanan ini tinggi kalori dan minim nutrisi.

Ketiga, usahakan selalu mengonsumsi makanan buatan rumah. Hal ini memungkinkan kamu untuk mengontrol semua bahan yang dipakai, berikut porsinya.

4. Contoh menu diet defisit kalori

Diet Defisit Kalori untuk Kurangi Berat Badan, Ini Aturan dan MenunyaDiet Defisit Kalori untuk Kurangi Berat Badan, Ini Aturan dan Menunya Foto: Getty Images/iStockphoto/KarinaUrmantseva

Ada banyak inspirasi menu diet defisit kalori yang bisa kamu dapatkan di media sosial. Salah satunya diunggah akun YouTube Ikrima Ramadhan.

Untuk menu sarapan, misalnya, kamu bisa konsumsi 2 lembar roti gandum dengan isian 'selai' alpukat yang dibuat dari satu buah alpukat yang dihancurkan bersama 10 gram gula aren. Kalori menu ini sekitar 383 kalori saja.

Untuk menu makan siang, bisa dengan 250 gram ikan tuna bumbu saus tiram, 100 gram buncis, dan 30 gram oatmeal. Total kalori menu ini sekitar 441 kalori.

Lanjut makan sore, kamu bisa mencoba 200 gram ubi ungu rebus, 150 gram alpukat, dan 20 gram gula aren. Estimasi kalorinya sekitar 381 kalori.

Jika ditotal semua kalori menu sarapan hingga makan sore, totalnya sekitar 1.155 kalori. Nilai ini sudah cukup berada di bawah kebutuhan kalori harian yang disarankan.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com