6 Makanan yang Mengandung Vitamin D dan Kalsium untuk Dongkrak Imunitas

Diah Afrilian - detikFood
Kamis, 29 Jul 2021 05:00 WIB
brokoli
Foto: Thinkstock

3. Sayuran

brokoliFoto: Thinkstock

Sayuran punya kandungan serat, nutrisi, vitamin dan mineral yang memang dibutuhkan oleh tubuh. Salah satunya sayuran hijau yang punya segudang nutrisi.

Sayuran seperti brokoli dan sayuran hijau lainnya bahkan dikatakan mengandung kalsium yang sangat baik dan direkomendasikan untuk menjaga imunitas selama pandemi Covid-19. Tetapi perlu diwaspadai karena bayam yang juga termasuk sayuran hijau berdaun justru memiliki kandungan asam oksalat yang dapat mencegah penyerapan kalsium.

4. Tahu dan Susu Kedelai

Terbuat dari biji kedelai utuh, tahu dan susu kedelai mengandung vitamin penting untuk tubuh. Bahan makanan yang terbuat dari kedelai memang diakui oleh ahli dapat memperkuat tulang serta membantu mengaktifkan sel-sel imun tubuh sebagai pelindung kesehatan.

Kedelai disebut sebagai salah satu makanan yang mengandung vitamin D dan kalsium. Konsumsi kacang kedelai atau produk olahannya banyak direkomendasikan oleh para ahli untuk memenuhi kebutuhan vitamin D yang disarankan sehingga dapat membantu mengaktifkan sel-sel imunitas agar bekerja dengan efektif.

Baca juga: 5 Pola Makan Sehat untuk Tingkatkan Imunitas di Tengah Pandemi Covid-19

5. Kuning Telur

telur rebusFoto: Istimewa

Kuning telur sering dihindari karena dianggap dapat memicu kolesterol. Tetapi kuning telur justru menjadi bagian telur yang paling kaya akan vitamin dan mineral. Bahkan kuning telur termasuk makanan yang mengandung vitamin D dan kalsium.

Putih telur yang tinggi akan protein sebenarnya melengkapi kuning telur yang mengandung kalsium serta vitamin D yang sangat tinggi. Mengonsumsinya dalam batas kadar aman yaitu 1 butir telur utuh per hari justru sangat dianjurkan. Telur juga bisa dijadikan sebagai camilan yang lebih sehat misalnya dengan diolah sebagai telur rebus.

6. Jamur

Jamur yang dibudidayakan ternyata mengandung vitamin dan mineral yang baik. Jamur yang sengaja ditanam dan dibudidayakan untuk dikonsumsi mengandung sterol ergosterol yang berasal dari tumbuhan inangnya.

Kandungan sterol ergosterol tersebut merupakan sumber pembentuk vitamin D yang ada di dalam jamur. Selain itu kepadatan vitamin D yang terkandung dalam jamur juga dihasilkan secara alami melalui produksi vitamin saat jamur terpapar sinar matahari. Itu tadi makanan yang mengandung vitamin D dan kalsium yang bagus dikonsumsi sehari-hari.

Baca juga: 8 Makanan yang Mengandung Kalsium, Baik untuk Tulang dan Kesehatan Tubuh



Simak Video "4 Kuliner Khas Betawi yang Ada di PRJ 2022"
[Gambas:Video 20detik]

(dfl/adr)