7 Rempah yang Menyehatkan Paru-paru, Bikin Pernapasan Lega!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 28 Jul 2021 16:30 WIB
Sanangag, nasi goreng bawang putih khas  Filipina Foto: iStock
Jakarta -

Makanan yang menyehatkan paru-paru ada banyak jenisnya, termasuk rempah dan bumbu dapur ini. Konsumsinya juga bisa bikin pernapasan lega!

Jika kamu ingin meningkatkan kesehatan secara menyeluruh, maka penting untuk memerhatikan kesehatan paru-paru. Organ vital ini berfungsi menukar oksigen dari udara dengan karbon dioksida dari darah.

Kesehatan paru-paru bisa dijaga dengan konsumsi makanan yang tepat. Dengan begitu fungsinya akan optimal dan dampak positif akan dirasakan seseorang.

Respiratory Therapy Zone (28/7) menjelaskan beberapa makanan baik dikonsumsi untuk menyehatkan paru-paru. Namun sifatnya bukan obat yang menyembuhkan, melainkan pendukung agar organ paru-paru berfungsi maksimal.

Ada pula rempah yang bagus dikonsumsi untuk kesehatan paru-paru. Mulai dari jahe, kunyit, hingga oregano. Rempah-rempah ini juga membantu membuat pernapasan lega.

Berikut 7 rempah yang menyehatkan paru-paru dan bikin pernapasan lega:

1. Jahe

Jahe sejak lama dikenal sebagai rempah kaya khasiat. Jahe bahkan dipakai sebagai salah satu 'obat' asthma. Sifatnya bukan hanya melawan peradangan, melainkan juga meningkatkan relaksasi otot polos di saluran udara paru-paru yang membuat pernapasan jadi lebih lega.

Pada beberapa penelitian, ekstrak jahe juga diketahui dapat membunuh sel kanker yang ada pada paru-paru. Kamu bisa mengolah jahe jadi wedang atau campuran minuman sehat lainnya. Minuman ini sangat baik untuk meningkatkan imunitas tubuh di tengah pandemi Covid-19.

2. Kunyit

KunyitFoto: iStock

Rempah yang menyehatkan paru-paru selanjutnya adalah kunyit. Seolah sepasang dengan jahe, rimpang berwarna kuning ini juga terkenal dengan sifat antiinflamasi-nya.

Curcumin pada kunyit ampuh melawan peradangan sekaligus membuat pernapasan lebih lega. Karenanya kunyit kerap diandalkan untuk mengatasi gangguan pernapasan seperti hidung tersumbat hingga inflamasi yang menyebabkan sesak napas.

3. Bawang putih

Bawang putih adalah rempah lain yang juga bermanfaat untuk atasi inflamasi. Sifatnya bukan hanya meredakan peradangan, melainkan juga memiliki senyawa antiseptik yang bantu tubuh melawan infeksi.

Sebuah hasil penelitian menunjukkan konsumsi bawang putih mentah baik untuk kesehatan paru-paru. Bahkan bisa mengurangi tingkat kejadian kanker paru-paru di kalangan perokok hingga 40%.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Santai Minum Coffee Moctail dengan Iringan Musik Jazz di Depok"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com