7 Makanan untuk Menyehatkan Paru-paru dan Saluran Pernafasan

Diah Afrilian - detikFood Selasa, 27 Jul 2021 06:00 WIB
Buah Apple Foto: Istimewa
Jakarta -

Sesak nafas jadi gejala yang harus diwaspadai di masa pandemi Covid-19. Untuk mencegahnya, berikut tujuh makanan untuk menyehatkan paru-paru dan saluran pernafasan.

Sesak nafas jadi salah satu gejala yang sangat banyak dialami oleh pasien Covid-19. Sesak nafas juga menjadi tanda awal yang patut dicurigai adanya infeksi virus Corona pada paru-paru.

Selain kekuatan imunitas, kekuatan paru-paru juga harus diperhatikan karena virus yang tengah merebak menyerang langsung ke organ pernapasan ini. Konsumsi makanan yang kaya akan antioksidan, vitamin C, magnesium dan nutrisi lainnya diperlukan agar paru-paru tetap terjaga kesehatannya.

Buah dan rempah dikatakan dapat berfungsi sebagai 'obat' alami untuk mencegah dan mengatasi sesak nafas. Kandungan yang ada di dalamnya sangat bermanfaat untuk menjaga paru-paru agar tetap sehat.

Berikut ini 7 makanan untuk menyehatkan paru-paru dan saluran pernafasan, menurut Healthline (24/6):

buah bitFoto: iStock

1. Buah Bit

Buah bit memiliki warna merah keunguan yang menandakan kandungan antioksidannya yang begitu tinggi. Buah bit diperkaya akan magnesium, vitamin C serta karotenoid antioksidan yang punya peran penting terhadap kesehatan paru-paru.

Buah bit juga diperkaya akan nitrat yang terbukti dapat merelaksasi pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah. Bahkan suplemen buah bit juga sudah terbukti melalui penelitian dapat mengoptimalkan penyerapan oksigen dan meningkatkan performa paru-paru.

2. Kunyit

Kunyit punya kandungan antioksidan yang telah dipercaya secara turun temurun bersifat antiinflamasi yang mampu mengatasi berbagai keluhan kesehatan. Kurkumin dikatakan sebagai komponen ajaib dalam kunyit yang punya banyak manfaat, terutama membantu meningkatkan kesehatan paru-paru agar fungsinya tetap optimal.

Pada penelitian yang dilakukan terhadap 2.478 orang, kurkumin terbukti memiliki khasiat yang sangat baik dalam meningkatkan fungsi paru-paru. Bahkan bagi perokok, kurkumin dalam kunyit dapat meningkatkan kesehatan paru-paru sebesar 9,2%.

Baca juga: Jaga Kesehatan Paru-paru SaatPandemiCovid-19 dengan 7 Buah Ini

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Riset Eijkman Ungkap 3 Gejala Umum COVID-19 yang Ditemukan Pada Anak"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com