Rutin Konsumsi Makanan Organik, Wanita Ini Sembuh dari Kanker Usus Besar

Diah Afrilian - detikFood Senin, 26 Jul 2021 08:00 WIB
Rutin Konsumsi Makanan Organik, Wanita Ini Sembuh dari Kanker Usus Besar Foto: The Korean Times
Jakarta -

Mengidap kanker selama 23 tahun tidaklah mudah. Jalani tiga kali operasi, Park So Hee akhirnya sembuh setelah rutin mengonsumsi makanan organik.

Pola makan punya pengaruh yang sangat besar untuk kesehatan. Mengonsumsi makanan yang kurang baik dapat memberikan dampak yang buruk bagi tubuh.

Mulai dari gangguan pencernaan, kekebalan imunitas, hingga penyakit berat seperti tumor atau kanker. Hal semacam ini terjadi pada seorang wanita asal Korea Selatan.

Park So Hee sehari-harinya hidup sebagai seorang sopir truk di provinsi Gangwon. Park So Hee telah hidup berpuluh-puluh tahun dengan diagnosa kanker usus besar sejak ia muda.

Rutin Konsumsi Makanan Organik, Wanita Ini Sembuh dari Kanker Usus BesarRutin Konsumsi Makanan Organik, Wanita Ini Sembuh dari Kanker Usus Besar Foto: The Korean Times

Dilansir melalui The Korea Times (23/7), pengemudi tangguh berusia 58 tahun itu memutuskan pindah ke daerah terpencil untuk memulihkan kondisi tubuhnya. Sejak tahun 1998, Park So Hee telah didiagnosa dengan kanker usus besar yang membuatnya merasa tertekan, sedih bahkan hingga depresi.

Baca juga: Hanya Dengan Mengubah Pola Makan, Pria Ini Sembuh dari Autoimun!

Sebelumnya Park So Hee telah melakukan tiga kali operasi untuk mengatasi permasalahan pada usus besarnya tersebut. Setelah perawatan usai, Park memutuskan untuk pindah dari kota Ulsan ke provinsi Gangwon yang lebih tenang. Di tempat tinggalnya yang baru ia memulai hidup barunya dengan serba organik dan menjadi lebih sehat.

Pada akhir 1990, Park sempat mengunjungi empat kuil yang berhasil membuka matanya untuk beralih ke makanan-makanan vegetarian. Setelah perjalanannya tersebut nafsu makan Park kembali dan keputusannya menjadi vegetarian semakin kuat.

Tinggal jauh dari supermarket membuat Park berimprovisasi untuk menyiapkan makanannya. Setiap harinya Park selalu memanen tumbuhan-tumbuhan yang hidup di sekitarnya untuk dimasak dan dikonsumsi.

Rutin Konsumsi Makanan Organik, Wanita Ini Sembuh dari Kanker Usus BesarRutin Konsumsi Makanan Organik, Wanita Ini Sembuh dari Kanker Usus Besar Foto: The Korean Times

Sayuran yang difermentasi, tahu dan berbagai tumbuhan segar lainnya menjadi menu makannya sehari-hari. Setelah tiga tahun menjalani diet organik ini, Park kemudian kembali ke dokter untuk melakukan pengecekan medis terhadap kondisinya. Dokter yang menangani Park begitu terkejut setelah memeriksa kesehatan Park.

"Dokterku di Ulsan begitu terkejut dengan hasilnya. Ia bahkan sampai bertanya kemana aku pergi dan bagaimana aku bisa sembuh dari kanker ini," kata Park.

Park percaya bahwa kesembuhannya itu sangat dipengaruhi oleh gaya hidupnya yang telah berubah. Bahan makanan yang organik, udara segar hingga tanaman liar yang rutin dikonsumsinya.

Rutin Konsumsi Makanan Organik, Wanita Ini Sembuh dari Kanker Usus BesarRutin Konsumsi Makanan Organik, Wanita Ini Sembuh dari Kanker Usus Besar Foto: The Korean Times

Setelah ia pulih, Park memutuskan untuk membeli sebuah rumah di dekat kuil yang kemudian dijadikannya sebagai penginapan untuk para turis. Di sini Park juga menyajikan makanan-makanan organik yang tidak menggunakan penyedap atau perasa buatan.

Hanya dengan menggunakan daun bawang dan bawang putih, sajian sarapan yang dibuat oleh Park untuk pengunjungnya selalu ramai diperbincangkan. Semua pengunjung yang datang ke kuil seperti sudah mengerti kemana mereka harus pergi sarapan.

Vegetable jeon atau martabak sayuran menjadi menu populer buatan Park yang paling digemari pengunjungnya. Park juga menyiapkan lobak putih yang telah difermentasi dalam keadaan dingin sebagai pelengkap vegetable jeon.

Tetapi Park telah memutuskan akan menutup penginapannya tersebut saat ia berusia 60 tahun. Park telah berkomitmen untuk fokus pada dirinya saat memasuki usia 60 tahun dan akan meninggalkan semua pekerjaannya serta fokus pada kesehatannya saja.

Baca juga: Ashanty dan Raditya Dika Idap Autoimun, Ini 5 Makanan Baik Dikonsumsi



Simak Video "Lagi Diet? Bisa Konsumsi Nasi Shirataki yang Rendah Kalori"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com