Hanya Dengan Mengubah Pola Makan, Pria Ini Sembuh dari Autoimun!

Diah Afrilian - detikFood Sabtu, 15 Mei 2021 06:00 WIB
Hanya Dengan Mengubah Pola Makan, Pria Ini Sembuh dari Autoimun! Foto: Mirror UK
Jakarta -

Seorang pria asal Inggris alami gangguan autoimun. Pengobatan medis yang diterima gagal, tetapi ia justru sembuh hanya dengan mengubah pola makannya.

Autoimun merupakan penyakit gangguan imun yang cukup banyak terjadi. Autoimun berkembang dari disfungsi atau kesalahan fungsi dari sistem imun.

Pada penderita autoimun, sistem imunitas yang ada dalam tubuh penderita tidak akan bekerja dengan melawan bakteri atau virus yang masuk ke dalam tubuh. Sistem imunitasnya justru menyerang tubuhnya sendiri sehingga membuat tubuh melemah untuk melawan virus.

Hanya Dengan Mengubah Pola Makan, Pria Ini Sembuh dari Autoimun!Hanya Dengan Mengubah Pola Makan, Pria Ini Sembuh dari Autoimun! Foto: iStock

Penderita autoimun akan sensitif terhadap virus dan bakteri. Hasilnya mereka akan cenderung lebih mudah sakit terutama pada musim penyakit seperti sekarang.

Dilansir melalui Mirror UK (10/5) pria asal Inggris bernama Richard alami gangguan autoimun selama bertahun-tahun. Segala jenis pengobatan medis yang sudah dijalankan oleh Richard gagal. Tetapi ia berhasil sembuh setelah mencoba mengubah pola makannya menjadi lebih sehat.

Sebenarnya, autoimun cenderung lebih besar peluangnya untuk terjadi pada wanita. Bahkan 75% dari 4 juta penduduk Inggris yang menderita penyakit autoimun diketahui adalah wanita.

Baca juga: Ashanty dan Raditya Dika Idap Autoimun, Ini 5 Makanan Baik Dikonsumsi

Serupa dengan diabetes tipe 1, gangguan autoimun dapat menggu beberapa organ spesifik dalam tubuh. Namun, gangguan ini justru dapat berdampak pada kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Louise Blanchfield, istri dari Richard yang juga seorang physiotherapist bahkan hingga menciptakan pola diet untuk suaminya. Susunan pola diet yang dirancang oleh Louise ini bertujuan untuk membantu meningkatkan kesehatan sang suami.

"Kamu mulai dengan mengurangi makanan-makanan yang kami percaya dapat menyebabkan kerusakan, makan makanan yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh usus untuk memperbaiki usus itu sendiri dan salah satunya melalui makanan yang tinggiantiinflamasi secara alami," kataBlanchfield.

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com