Ini 5 Efek Samping Terlalu Banyak Makan Daging

Riska Fitria - detikFood Kamis, 22 Jul 2021 07:00 WIB
Ini 5 Efek Samping Terlalu Banyak Makan Daging Foto: iStock

3. Meningkatkan Kolesterol

Ini 5 Efek Samping Terlalu Banyak Makan DagingIni 5 Efek Samping Terlalu Banyak Makan Daging Foto: iStock

Kolesterol adalah salah satu ancaman bagi orang yang terlalu banyak mengonsumsi daging. Apalagi bagi kamu yang sudah memiliki riwayat kolesterol darah yang tinggi.

Lagi-lagi disarankan untuk mengonsumsi daging dengan kandungan lemak sedikit. Berdasarkan penelitian, mengonsumsi 170 gram daging sapi tanpa lemak tidak akan berdampak negatif pada kadar kolesterol.

Temuan tersebut juga diambil dari rekomendasi American Heart Association. Jika merasa terlalu banyak makan daging, sebaiknya konsumsi minuman yang dapat menurunkan kolesterol seperti teh hijau, teh hitam hingga susu kedelai.

4. Mengalami Sembelit

Ini 5 Efek Samping Terlalu Banyak Makan DagingIni 5 Efek Samping Terlalu Banyak Makan Daging Foto: iStock

Sembelit dapat terjadi jika kamu terlalu banyak makan daging tanpa mengimbangi asupan serat dari biji-bijian dan kacang-kacangan. Kondisi tersebut menyebabkan perut terasa kembung hingga sembelit.

Daging memang kaya akan protein, tetapi di dalamnya tidak terdapat kandungan serat yang juga dibutuhkan oleh tubuh. Serat adalah bentuk karbohidrat yang tidak dapat dicerna.

Jika tubuh kekurangan serat maka bisa berakibat pada sistem pencernaan yang buruk. Beberapa penelitian mengatakan bahwa serat menyediakan sumber makanan yang baik untuk bakteri menguntungkan di usus.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Cara Menghitung Protein Daging Sapi-Kambing yang Harus Dikonsumsi"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com