Ini 5 Efek Samping Terlalu Banyak Makan Daging

Riska Fitria - detikFood Kamis, 22 Jul 2021 07:00 WIB
Ini 5 Efek Samping Terlalu Banyak Makan Daging Foto: iStock
Jakarta -

Momen Idul Adha pasti diwarnai dengan momen makan daging. Namun hati-hati, sebab terlalu banyak mengonsumsi daging dapat mengakibatkan beberapa efek samping.

Mengonsumsi daging merah memang disarankan agar tubuh mendapat asupan gizi yang seimbang. Daging mengandung protein yang dibutuhkan untuk mempertahankan massa otot, mencegah anemia hingga memberikan energi.

Namun, jika terlalu banyak mengonsumsi daging justru bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Beberapa efek samping pun dapat dirasakan oleh tubuh jika terlalu banyak makan daging.

Mulai dari menyebabkan berbagai penyakit kronis, hingga menyebabkan timbulnya aroma tak sedap pada nafas dan tubuh. Idealnya porsi makan daging dalam sehari adalah sekitar 100 gram.

Dilansir dari Eat This, Not That! berikut 5 efek samping dari terlalu banyak makan daging:

1. Meningkatkan Berat Badan

Ini 5 Efek Samping Terlalu Banyak Makan DagingIni 5 Efek Samping Terlalu Banyak Makan Daging Foto: iStock

Mengonsumsi daging merah seperti daging sapi memang menyehatkan. Namun, jika dikonsumsi terlalu banyak, maka kamu juga mengasup banyak kalori yang berakhir pada peningkatan berat badan.

Porsi yang cukup dalam sehari adalah sekitar 100 gram. Selain itu, pilihlah bagian daging dengan kandungan lemak sedikit. Seperti sirloin, flank steak, dan strip loin.

Daging memang mengandung protein yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun, terlalu banyak mengasup protein juga bisa menjadi bumerang untuk tubuh.

Tubuh akan menyimpan kelebihan asupan daging merah menjadi tumpukan lemak apabila sisa kalori dalam tubuh tidak terbakar.

2. Membuat Nafas Bau dan Tak Segar

Ini 5 Efek Samping Terlalu Banyak Makan DagingIni 5 Efek Samping Terlalu Banyak Makan Daging Foto: iStock

Terlalu banyak mengonsumsi daging bisa menyebabkan aroma nafas tidak sedap. Saat tubuh mencerna daging, tubuh akan menghasilkan amonia sebagai produk sampingan.

Nah, aroma amonia itu dapat menyelinap ke dalam mulut sehingga menyebabkan bau yang tidak sedap. Dilansir dari Insider, terlalu banyak mengonsumsi daging juga dapat menyebabkan keringat berlebih.

Kondisi tersebut bukan tak mungkin juga menyebabkan bau badan. Saat makan daging tubuh harus membutuhkan energi lebih untuk memproses daging. Proses itu dikenal dengan sebutan thermogenesis.

Proses tersebut dapat menyebabkan suhu tubuh menjadi naik, sehingga tubuh pun menghasilkan keringat berlebih. Dan pada akhirnya menyebabkan aroma tubuh juga ikut tak sedap.

Baca Juga: 5 Buah untuk Turunkan Kolesterol Tinggi Setelah Makan Hidangan Lebaran

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Cara Menghitung Protein Daging Sapi-Kambing yang Harus Dikonsumsi"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com