30 Resep Daging Kambing & Sapi Idul Adha

4 Tips Makan Sehat Saat Idul Adha Agar Kolesterol Tidak Naik

Yenny Mustika Sari - detikFood Selasa, 20 Jul 2021 08:00 WIB
tips makan sehat saat idul adha agar kolesterol tidak naik Foto: Getty Images/iStockphoto

3. Tidak makan berlebihan

alau kamu tetap mengolah daging sapi atau kambing dengan jenis daging yang berlemak dan bersantan, sebaiknya tidak makan secara berlebihan. Cukup konsumsi dalam porsi sedang saja dalam sekali makan.

Daging sapi dan kambing mengandung nutrisi penting seperti protein, mineral, dan sejumlah vitamin dan lemak. Nutrisinya tetap diperlukan tubuh tetapi perlu dikonsumsi dalam jumlah terukur.

4. Konsumsi sayuran

tips makan sehat saat idul adha agar kolesterol tidak naiktips makan sehat saat idul adha agar kolesterol tidak naik Foto: Getty Images/iStockphoto

Saat Idul Adha jangan hanya mengonsumsi daging saja. Tapi, imbangi dengan sayuran. Menurut dr. Vito A Damay peran sayur sangatlah penting untuk mengurangi penyerapan kolesterol jahat di saluran pencernaan, seperti dikutip dari detikHealth (31/7).

Misalkan, ketika mengolah sop daging atau sop iga sapi, tambahkan sayuran. Seperti wortel, kentang, buncis, seledri, dan tomat. Kamu juga bisa menambahkan tomat pada tongseng daging kambing, karena kandungan likopen dalam tomat bisa menurunkan kadar kolesterol jahat.

Saat mengolah sate daging kambing atau sapi, sebaiknya siapkan acar mentimun segar. Karena, mentimun mengandung serat larut alami atau pektin yang membantu menurunkan kolesterol jahat.

Baca Juga: 5 Buah Favorit Nabi Muhammad SAW Ini Bisa Tingkatkan Imunitas

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Mengintip Warung Angkringan Milik Dimas Seto"
[Gambas:Video 20detik]

(yms/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com