30 Resep Daging Kambing & Sapi Idul Adha

4 Tips Makan Sehat Saat Idul Adha Agar Kolesterol Tidak Naik

Yenny Mustika Sari - detikFood Selasa, 20 Jul 2021 08:00 WIB
tips makan sehat saat idul adha agar kolesterol tidak naik Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Perayaan Idul Adha identik dengan menyantap olahan daging yang dibakar ataupun bersantan. Ikuti beberapa tips makan sehat berikut agar kolesterol tidak naik.

Biasanya daging kambing atau daging sapi yang didapatkan dari paket kurban Idul Adha diolah menjadi hidangan lezat yang dibakar ataupun berkuah bersantan. Seperti sate, rendang, gule, hingga tongseng.

Olahan daging yang dibakar dan bersantan ini jika terlalu banyak dikonsumsi bisa menyebabkan kadar kolesterol darah naik. Untuk mencegahnya, kamu bisa mengikuti beberapa tips makan sehat saat Idul Adha. Seperti mengonsumsi olahan daging dalam porsi kecil hingga mengimbanginya dengan makan sayuran.

Dilansir dari beragam sumber, berikut 4 tips makan sehat saat Idul Adha.

1. Cara mengolah yang lebih sehat

tips makan sehat saat idul adha agar kolesterol tidak naiktips makan sehat saat idul adha agar kolesterol tidak naik Foto: Getty Images/iStockphoto

Agar kolesterol tidak naik saat Idul Adha, cara mengolah daging kambing dan sapi perlu diperhatikan. Salah satunya dengan tidak menggunakan santan pada olahan daging yang kamu masak.

Ada beragam olahan daging sapi dan kambing tanpa santan yang bisa kamu buat. Seperti sup daging sapi, daging bumbu kecap, daging sapi lada hitam, empal gepuk, dan lainnya.

Daging kambing dan sapi juga bisa dijadikan sate yang lezat. Namun, proses membakarnya harus diperhatikan agar sate tetap sehat. Jangan memanggang terlalu kering atau gosong. Atau panggang dengan wajan atau panggangan listrik.

Baca Juga: Resep Tongseng Kambing Lezat dan Cara Membuatnya yang Sederhana!

2. Pilih bagian daging yang tak berlemak

tips makan sehat saat idul adha agar kolesterol tidak naiktips makan sehat saat idul adha agar kolesterol tidak naik Foto: Getty Images/iStockphoto

Selain cara mengolahnya, bagian daging sapi juga menentukan kandungan lemaknya. Karena ada beberapa bagian daging yang kandungan lemaknya tinggi. Seperti sandung lamur atau bagian iga.

Pilih bagian daging sapi has atau lulur dalam atau lulur luar yang tak berlemak. Meskipun sedikit hambar tetapi lemaknya hampir tidak ada. Diolah dengan cara ditumis atau diungkep dengan bumbu bisa perkaya rasanya.

Baca Juga: Punya Peternakan Sapi Terbesar di Jakarta, Pria Ini Kantongi Miliaran Rupiah

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Bikin Laper: Unik! Ada Masakan Padang Vegetarian"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com