4 Makanan yang Mengandung Potasium Tinggi, Baik untuk Imunitas!

Diah Afrilian - detikFood Kamis, 15 Jul 2021 08:00 WIB
Makanan yang Melemahkan Imunitas Foto: iStock
Jakarta -

Selain vitamin D, potasium juga penting untuk menguatkan imunitas. Berikut ini empat makanan yang mengandung potasium tinggi selain pisang yang bisa tingkatkan imunitas.

Imunitas atau daya tahan tubuh sangat diperlukan ditengah pandemi Covid-19. Makanan-makanan tinggi nutrisi, vitamin dan mineral begitu diperlukan untuk menguatkan imunitas dan mencegah infeksi coronavirus.

Nutrisi seperti vitamin D, C, E, zinc, potasium dan berbagai mineral lain sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk dapat meningkatkan imunitas agar lebih kuat. Nutrisi tersebut bisa didapatkan secara alami melalui bahan-bahan makanan tinggi nutrisi seperti buah-buahan dan sayuran.

Salah satunya pisang yang diketahui memiliki kandungan potasium yang begitu tinggi. Ternyata ada buah dan sayur lainnya yang juga punya kandungan potasium hebat. Konsumsinya bisa jadi solusi agar tak cepat bosan.

Berikut ini 4 makanan yang mengandung potasium tinggi, menurut Eat This, Not That (12/7):

Foto Masker AlpukatFoto: thinkstock

1. Alpukat

Alpukat dikenal sebagai buah tinggi lemak sehat yang punya banyak manfaat untuk tubuh. Alpukat juga cukup mudah untuk diolah dan dicampurkan dengan makanan lainnya sehingga bisa disesuaikan dengan selera.

Para ahli menyarankan alpukat untuk dikonsumsi sebagai buah atau camilan rutin setiap hari. Pada setengah buah alpukat dikatakan mengandung 487 miligram potasium.

Kandungan potasium pada setengah buah alpukat tersebut dapat memenuhi 10% kebutuhan potasium harian yang disarankan. Jika dalam sehari kamu mampu mengonsumsi sebuah alpukat maka kamu telah berhasil memenuhi 20% dari kebutuhan potasium harian tubuh yang disarankan.

Baca juga: 7 Buah untuk Covid, Konsumsi Rutin untuk Tingkatkan Imunitas

2. Ubi Jalar

Ubi jalar memiliki nutrisi yang cukup padat bahkan dikatakan sebagai sumber karbohidrat yang lebih sehat dibandingkan dengan nasi. Ubi jalar juga sangat baik untuk meningkatkan dan menjaga kekuatan otot tubuh.

Tidak kalah dengan pisang, ubi jalar punya kandungan potasium yang cukup tinggi. Sebuah ubi jalar berukuran sedang dikatakan mengandung 541 miligram potasium.

Kadar potasium pada ubi jalar tersebut dapat memenuhi kebutuhan potasium harian tubuh sebesar 12%. Tidak hanya itu, konsumsi ubi jalar sebagai camilan, misalnya, bisa memberikan asupan mineral yang baik untuk tubuh.

3. Bayam

Spinach saladFoto: iStock

Bayam dipercaya sebagai sayuran yang dapat membantu memproduksi energi dan menguatkan tubuh. Bayam dikatakan sebagai sayuran yang mengandung zat besi, vitamin K serta potasium yang begitu baik.

Tidak kalah dengan ubi jalar, bayam juga memiliki kandungan potasium yang dapat membantu memenuhi kebutuhan potasium harian tubuh. Pada 128 gram bayam diketahui mengandung 540 miligram potasium.

Hanya dengan menambahkan bayam sebanyak 128 gram kamu sudah bisa memenuhi 12% dari kebutuhan potasium harian yang disarankan. Bayam juga cukup mudah untuk olah baik sebagai tumisan sayur maupun ditambahkan pada mangkuk oatmeal.

4. Semangka

Semangka memiliki kandungan air yang begitu tinggi. Semangka dianggap sebagai buah yang menyegarkan sekaligus padat nutrisi menurut para ahli. Semangka juga sangat cocok untuk dinikmati di siang hari yang panas.

Hanya dengan 312 gram semangka sudah bisa memenuhi 640 miligram potasium. Mengonsumsi semangka sebagai camilan dikatakan mampu memenuhi 14% kebutuhan potasium harian yang disarankan oleh ahli kesehatan.

Tidak hanya itu, semangka juga diperkaya dengan vitamin C dan B6 yang juga sangat penting untuk imunitas tubuh. Semangka bisa dinikmati langsung sebagai buah segar, dijadikan smoothie, maupun ditambahkan sebagai campuran yogurt.

Baca juga: Selain Manis Segar, 8 Buah Kaya Potasium Ini Bisa Cegah Tekanan Darah Tinggi



Simak Video "Cukup Bayar Rp 2.000, Bisa Makan Sepuasnya di Warung Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com