Panduan Makan Sehat Pasien Covid-19 Selama Isoman Pakai Piring T

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 15 Jul 2021 16:30 WIB
Panduan Makan Sehat Pasien Covid-19 Selama Isoman Pakai Piring T Foto: TikTok @dionharyadi
Jakarta -

Pasien Covid-19 yang menjalani masa isolasi mandiri (isoman) perlu mengasup nutrisi yang tepat. Ikuti panduan menu makan berbentuk piring T ini.

Isolaman dijalani oleh pasien Covid-19 yang umumnya tanpa gejala atau memiliki gejala ringan. Selama masa isoman, mereka dilarang bertemu siapapun dan fokus pada upaya penyembuhan dari Covid-19.

Selain minum vitamin dan obat yang disarankan, pasien isoman juga perlu mengasup nutrisi yang tepat. Pasalnya makanan sehat merupakan kunci metabolisme yang baik sehingga tubuh bisa menyingkirkan virus Corona.

Sayangnya masih banyak orang bingung dengan panduan makan sehat, terutama selama jalani isoman. Dokter yang aktif berbagi informasi kesehatan di media sosial, dr. Dion Haryadi mengungkap panduan makan yang dimaksud.

Panduan Makan Sehat Pasien Covid-19 Selama Isoman Pakai Piring TPanduan Makan Sehat Pasien Covid-19 Selama Isoman Pakai Piring T Foto: TikTok @dionharyadi

Melalui akun TikToknya (13/7), dr. Dion merekomendasikan model piring T sebagai panduan makan. Bentuknya seperti huruf T yang menggambarkan komposisi nutrisi yang perlu diasup. Informasi ini detikfood kutip atas seizin dr. Dion.

"Setengah piring bagian atas itu diisi dengan sayuran dan buah-buahan," jelas dr. Dion. Aturan lebih lanjutnya, targetkan konsumsi tiga jenis sayuran setiap kali makan besar. Misalnya sawi, tauge, dan wortel.

Kemudian gunakan metode memasak suhu rendah supaya kandungan nutrisi sayuran terjaga. Hindari metode goreng karena jumlah kalorinya bakal lebih banyak. Selain itu, fokuskan pada asupan lebih banyak sayur ketimbang buah.

"Selanjutnya seperempat piring diisi dengan protein," ujar dr. Dion. Agar lebih sehat, gunakan rasio konsumsi protein hewani:nabati sebesar 70:30.

Variasikan sumber protein, jangan yang itu-itu saja. Kemudian gunakan metode masak hemat minyak supaya jumlah kalori dalam makanan tidak berlebihan.

Panduan Makan Sehat Pasien Covid-19 Selama Isoman Pakai Piring TPanduan Makan Sehat Pasien Covid-19 Selama Isoman Pakai Piring T Foto: TikTok @dionharyadi

Terakhir, seperempat sisa bagian piring diisi dengan karbohidrat. Panduan dalam memilih karbohidrat adalah pilih yang jenis karbohidrat kompleks berserat tinggi seperti oats, nasi merah, dan umbi-umbian.

Jangan lupa batasi konsumsi gula di bawah lima sendok teh (25 gram) per hari. Gula bukan hanya ada pada gula pasir, melainkan juga makanan sumber karbohidrat.

Terakhir, dr. Dion menyarankan agar mencukupi kebutuhan cairan. Pastikan tubuh tetap terhidrasi agar semua fungsi-fungsi organ bekerja optimal.



Simak Video "Bikin Laper: Nasi Bakar Pak Yudhi yang Mirip Sajian Hari Raya"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com