Tak Nafsu Makan Karena Stres Positif COVID-19? Atasi dengan 5 Cara Ini

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 14 Jul 2021 12:30 WIB
Asian women wearing masks, sick doctors, coughing, grasping the nose and face. Holding the tablet in the hand in the bedroom Foto: Getty Images/iStockphoto/somboon kaeoboonsong

3. Makanan untuk Hidrasi Tubuh

Young couple eating watermelonMakanan kaya air. Foto: iStock

Samriddhi mengingatkan penting untuk para pasien COVID-19 menjaga tubuh tetap terhidrasi, dengan mengkonsumsi makanan hingga minuman yang menyegarkan. Karena ketika tubuh merasa cemas atau stres, kulit bibir akan menjadi kering.

"Penting untuk tetap mengkonsumsi makanan dalam jumlah kecil namun sering. Termasuk makanan yang bisa mencegah tubuh dari dehidrasi seperti mentimun," sarannya.

Perbanyak konsumsi air putih agar tubuh tetap fit meskipun makanan yang masuk ke dalam tubuh sedikit. Jika bosan minum air putih, bisa diseling dengan buah-buahan tinggi air seperti semangka, jeruk, hingga strawberry.

4. Buat Jadwal Makan

Eating, Pizza, Indian Ethnicity, Domestic Life, Adult, Adults Only,Waktu Makan. Foto: Getty Images/Deepak Sethi

"Setidaknya, orang-orang perlu memiliki jadwal makan yang teratur. Meskipun Anda hanya bisa memakan satu jenis makanan, ikuti rutinitas itu setiap hari. Kuncinya jangan paksa diri Anda untuk menyantap makanan berat. Karena ketika Anda sedang sakit, tubuh tidak memproses makanan seperti biasanya," ucapnya.

Tetap lakukan aktivitas harian seperti biasa meskipun sedang isolasi mandiri. Misalnya tetap rutin mandi, bersih-bersih, olaharga hingga waktu tidur. Kebanyakan pasien COVID-19 meninggalkan rutinitas ini.

Karena rutinitas harian diabaikan, tentunya sisi emosional secara perlahan akan terganggu atau tidak seimbang, yang menyebabkan orang-orang jadi makan berlebihan atau tidak mau makan sama sekali.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Cukup Bayar Rp 2.000, Bisa Makan Sepuasnya di Warung Ini"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com