5 Makanan Setelah Sembuh Covid-19 Agar Tubuh Kembali Bugar

Yenny Mustika Sari - detikFood Selasa, 13 Jul 2021 18:30 WIB
Susu Beruang Bear Brand Diborong, Kandungan Nutrisinya Sama dengan Susu Lain Foto: Getty Images/iStockphoto/Bet_Noire
Jakarta -

Setelah sembuh dari Covid-19, pasien harus terus menjaga imunitas tubuh agar tetap bugar. Untuk itu, ada beberapa makanan sehat yang sebaiknya rutin dikonsumsi.

Kasus covid-19 di Indonesia melonjak dua bulan terakhir. Hal ini membuat Indonesia harus melakukan PPKM Darurat untuk menekan lonjakan kasus Covid-19. Jumlah pasien Covid-19 terus meningkat.

Oleh karenanya, tubuh harus tetap bugar agar imunitas tidak menurun. Cara menjaga imunitas ini dengan banyak minum air putih, mengonsumsi makanan bernutrisi tinggi, hingga tidak stres.

Buat para penderita Covid-19 yang telah sembuh juga harus tetap memelihara kesehatannya. Jangan mengabaikan protokol kesehatan dan terus mengonsumsi makanan bernutrisi tinggi untuk menjaga imunitas.

Dilansir dari Food NDTV (19/5), ada beberapa makanan yang harus dikonsumsi setelah sembuh dari Covid-19.

1. Makanan yang Bisa Meningkatkan Energi

karbohidratkarbohidrat Foto: iStock

Selama pandemi tubuh dituntut untuk tetap berstamina. Oleh karenanya, energi tubuh juga harus penuh setiap harinya. Setelah sembuh dari Covid-19, kamu harus mengonsumsi makanan yang bisa meningkatkan energi tubuh.

Karena energi merupakan bagian dari metabolisme. Makanan yang bisa meningkatkan energi salah satunya adalah karbohidrat. Seperti nasi, umbi-umbian, biji-bijian, kacang-kacangan, sayuran dan buah.

Konsumsi makanan tinggi karbohidrat ini dengan porsi kecil namun sering. Tambahkan juga makanan protein tinggi seperti telur. Konsumsi juga sumber lemak sehat seperti minyak zaitun dan alpukat.

Baca Juga: Pria Muslim Tak Sengaja Makan Babi saat Pesan via Ojol, Ini Hukumnya dalam Islam

2. Makanan Protein Tinggi

Hidangan telur dan jumlah kalorinyaHidangan telur Foto: Getty Images/iStockphoto/

Selama sakit, tubuh kita pasti kehilangan massa otot. Oleh karenanya diperlukan makanan berprotein tinggi agar massa otot kembali penuh. Makanan protein tinggi juga bisa meningkatkan imunitas tubuh.

Makanan protein tinggi ini bisa kamu tambahkan pada menu makan harianmu. Seperti sarapan dengan telur, makan siang dengan menu ayam, dan kacang kedelai seperti tempe atau tahu untuk makan malam.

Kamu juga bisa mengonsumsi protein berupa susu minimal 600 ml sehari. Kacang-kacangan dan biji-bijian juga bisa kamu konsumsi karena mengandung protein yang tinggi.

3. Makanan Vitamin C Tinggi

Stroberi Pakai Keju ParmesanStroberi Foto: Rob Lacey/PinPep , iStock

Vitamin C bisa didapatkan dari buah-buahan dan sayuran. Pada buah citrus seperti lemon, jeruk, grapefruit, dan lainnya mengandung vitamin C yang tinggi.

Selain buah citrus, buah-buahan berry seperti stroberi dan blueberry juga mengandung vitamin c tinggi. Tak hanya itu saja, ada juga bayam, pepaya, kiwi, tomat, mangga, dan lainnya.

Kamu bisa mengonsumsi makanan-makanan ini begitu saja. Dapat juga kamu campurkan ke bahan makanan lainnya.

Baca Juga: 5 Aksi Protes Pedagang Makanan saat PPKM Darurat ini Bikin Netizen Iba

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Masak Masak: Resep Sandwich Sapi Teriyaki"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com