7 Minuman Sehat Tanpa Gula Tambahan yang Enak Menyehatkan

Tim Detikfood - detikFood Rabu, 14 Jul 2021 05:00 WIB
Traditional indian drink - masala chai tea (milk tea) with spices on wooden background Foto: iStock/Instagram
Jakarta -

Konsumsi makanan atau minuman dengan kandungan gula sebaiknya dikontrol. Karena bisa memicu kenaikan berat badan beragam penyakit kronis yang berbahaya.

Kementerian Kesehatan menganjurkan konsumsi gula harian maksimal sebanyak 50 gram atau setara dengan 4 sendok makan. Akan tetapi bila diingat-ingat, kebiasaan menyantap biskuit, es teh manis, juga permen agar melek seharian membuat keinginan mengurangi gula terasa sulit.

Perlahan, cobalah mulai dari mengganti minuman-minuman dengan pemanis dengan minuman sehat yang rendah gula tambahan berikut ini.

1. Teh masala

Cokelat panas kerap jadi rujukan saat mood sedang amburadul. Namun minuman satu ini tidak lepas dari sirup gula dan krim kocok manis. Sebagaimana dilansir Greatist, kakao saja bisa memberikan 200 kalori dan 20 gram gula buat tubuh.

Sebagai gantinya, siapkan teh masala. Teh masala terbuat dari teh hitam, susu dan rempah seperti kayu manis, cengkeh, kapulaga juga lada. Jika membuat sendiri, kamu bisa menentukan campuran racikan sendiri tanpa tambahan gula.

Kombucha7 Minuman Sehat yang Rendah Gula Tambahan. Foto: iStock

2. Kombucha

Godaan minuman soda yang dingin dan menggelitik lidah membuat orang lupa akan kandungan gulanya. Kamu sebenarnya bisa memperoleh sensasi serupa dengan minuman kombucha.

Menurut Taste of Home, kombucha merupakan minuman fermentasi dengan kekayaan bakteri baik untuk usus. Bakteri ini akan menyehatkan pencernaan dan membantu tubuh menyerap vitamin dan mineral.

3. Air lemon

Air putih memang jenis minuman sehat terbaik yang bisa kamu berikan buat tubuh. Hanya saja, rasanya yang hambar membuat air putih tidak sepopuler minuman lain.

Agar tidak terkesan membosankan, tambah saja potongan lemon yang asam, manis, segar. Sekali minum air lemon, kamu akan memperoleh pasokanvitamin C selain hidrasi.

Lalu minuman rendah pemanis buatan apa saja yang masih aman dikonsumsi? Cek daftarnya DI SINI !



Simak Video "Masak Masak: Resep Sup Pasta Fusilli Kuah Putih"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com