Labu Kuning Favorit Nabi Muhammad SAW dan Isu Bisa Obati COVID-19

Riska Fitria - detikFood Minggu, 11 Jul 2021 06:00 WIB
Labu Kuning Favorit Nabi Muhammad SAW, Bisa Obati Covid-19? Foto: iStock
Jakarta -

Labu kuning merupakan salah satu makanan favorit Nabi Muhammad SAW. Belakangan ini labu kuning disebut-sebut dapat menyembuhkan COVID-19, apa benar?

Seiring dengan melejitnya angka pertumbuhan COVID-19 di Indonesia, banyak isu-isu soal makanan dan minuman yang diklaim dapat menyembuhkan COVID-19. Seperti Susu Beruang dan air kelapa hijau.

Namun, khasiat kedua minuman tersebut belum terbukti secara klinis untuk menyembuhkan COVID-19. Kemudian, muncul lagi isu bahwa labu kuning juga dapat menyembuhkan COVID-19. Kabar tersebut menyebar lewat pesan berantai di WhatsApp.

Baca Juga: 3 Makanan Ini Dipilih Nabi Muhammad SAW untuk Cegah Virus Masuk ke Tubuh

Disebutkan bahwa seseorang sembuh dari COVID-19 usai mengonsumsi labu hangat selama tiga hari. Namun, pernyataan tersebut juga tidak benar karena belum ada hasil penelitian tentang hal tersebut.

Bicara soal labu, labu memiliki cerita menarik dalam pandangan Islam. Mulai dari makanan penyelamat Nabi Yunus As hingga menjadi makanan kesukaan Nabi Muhammad SAW.

1. Penyelamat Nabi Yunus As

Labu Kuning Favorit Nabi Muhammad SAW, Bisa Obati Covid-19?Labu Kuning Favorit Nabi Muhammad SAW, Bisa Obati Covid-19? Foto: iStock

Dalam kisahnya Nabi Yunus As pernah dimakan oleh ikan besar. Setelah itu ia diselamatkan oleh Allah SWT dengan menumbuhkan pohon yaqthin atau labu. Kisah tersebut tertulis dalam Surah Ash-Shaffat ayat 139-148.

"Sesungguhnya Yunus benar-benar salah seorang rasul (ingatlah) ketika ia lari ke kapal yang penuh muatan, kemudian ia ikut burundi, lalu dia termasuk orang-orang yang kalah dalam undian,".

"Maka ia ditelan oleh ikan besar dalam keadaan tercela. Maka kalau sekiranya dia tidak termasuk orang-orang yang banyak mengingat Allah, niscaya ia akan tetap tinggal di perut ikan itu sampai hari berbangkit,".

"Kemudian Kami lemparkan dia ke daerah yang tandus, sedangkan ia dalam keadaan sakit. Dan Kami tumbuhkan untuk dia sebatang pohon dari jenis labu,".

"Dan Kami utus dia kepada seratus ribu orang atau lebih. Lalu mereka beriman, karena itu Kami anugerahkan kenikmatan hidup kepada mereka hingga waktu yang tertentu," (QS. Ass-Shoffat:139-148).

Baca Juga: Masya Allah! Ini 7 Sunnah Nabi Muhammad SAW ketika Minum Air

2. Makanan Kesukaan Nabi Muhammad SAW

Labu Kuning Favorit Nabi Muhammad SAW, Bisa Obati Covid-19?Labu Kuning Favorit Nabi Muhammad SAW, Bisa Obati Covid-19? Foto: iStock

Nabi Muhammad SAW amat menyukai labu. Hal tersebut pernah diterangkan dalam hadist yang menceritakan tentan seorang penjahit yang mengundang Rasulullah SAW untuk menghadiri suatu jamuan makan.

Kata Anas bin Malik: "Aku berangkat bersama Rasulullah menghadiri jamuan makan tersebut , Kepada Rasulullah tuan rumah menghidangkan roti dari gandum serta kuah berisi labu dan dendeng,".

"Aku melihat Rasulullah SAW mencari labu dari seputar mangkuk kuah itu. Sejak saat itu aku pun menyukai labu,". (HR. Bukhari, Muslim, dan Abu Dawud).

3. Nabi Muhammad SAW Minta Istri untuk Masak Labu

Labu Kuning Favorit Nabi Muhammad SAW, Bisa Obati Covid-19?Labu Kuning Favorit Nabi Muhammad SAW, Bisa Obati Covid-19? Foto: iStock

Kecintaan Nabi Muhammad SAW dengan labu membuat beliau selalu meminta istrinya Aisyah Ra untuk memasukkan labu ke dalam masakan. Kisah itu diceritakan lewat kitab al-Ghailaaniyyat.

"Rasulullah pernah minta kepada Aisyah untuk memperbanyak labu saat memasak sayur,".

Rasulullah SAW menyukai labu karena menurutnya labu dapat mengobati kesedihan hati. Selain itu, tanaman tersebut telah dibuktikan secara ilmiah memiliki kandungan nutrisi dan khasiat.

4. Khasiat Labu

Labu Kuning Favorit Nabi Muhammad SAW, Bisa Obati Covid-19?Labu Kuning Favorit Nabi Muhammad SAW, Bisa Obati Covid-19? Foto: iStock

Labu mengandung vitamin A, C, potasium, magnesium, vitamin B2, vitamin E dan zat besi. Selain itu, labu juga kaya akan antioksidan seperti alfa-karoten, beta karoten dan beta cryptoxanthin.

Antioksidan tersebut bermanfaat untuk menghalau radikal bebas, sehingga dapat mencegah penyakit kronis dan dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Selain itu juga dapat menyehatkan kulit.

Sementara vitamin A di dalamnya berperan untuk kesehatan mata. Labu kuning juga merupakan sumber serat sehingga dapat melancarkan pencernaan. Kandungan triptofannya dapat membuat tidur lebih nyenyak.

Baca Juga: Kalori Labu Kuning dan Manfaatnya untuk Anak-anak

(raf/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com