Ahli Gizi Sebut Tak Ada Makanan dan Minuman yang Bisa Sembuhkan COVID-19

Riska Fitria - detikFood Kamis, 08 Jul 2021 16:30 WIB
Ahli Gizi Sebut Tak Ada Makanan dan Minuman yang Bisa Sembuhkan COVID-19 Foto: iStock
Jakarta -

Air kelapa hijau banyak diklaim sebagai obat COVID-19 Namun, ahli gizi menyebutkan bahwa tidak ada makanan dan minuman yang spesifik dapat menyembuhkan COVID-19.

Belakangan ini kelapa hijau tengah menjadi buruan masyarakat Indonesia. Itu dikarenakan air kelapa hijau diklaim dapat menyembuhkan COVID-19 seperti yang ramai disampaikan lewat pesan berantai di Whatsapp.

Pesan tersebut mengakibatkan terjadinya panic buying pada air kelapa hijau di sejumlah lapak. Bahkan hingga menyebabkan harganya melonjak tinggi hingga mencapai Rp 50.000 per butir.

Baca Juga: Minum Air Kelapa Hijau Plus Air Jeruk Nipis Bisa Sembuhkan COVID-19, Ini Faktanya!

Ahli Gizi Sebut Tak Ada Makanan dan Minuman yang Bisa Sembuhkan COVID-19Ahli Gizi Sebut Tak Ada Makanan dan Minuman yang Bisa Sembuhkan COVID-19 Foto: iStock

Hal tersebut telah ditanggapi oleh banyak ahli gizi. Mereka mengatakan hingga sampai saat ini belum ada penelitian yang menyebutkan bahwa air kelapa hijau dapat menyembuhkan COVID-19.

Spesialis Gizi Klinik dr. Diana F. Suganda, M.Kes, SpGK juga menyebutkan bahwa sebenarnya tidak ada jenis makanan atau minuman yang spesifik dapat menyembuhkan COVID-19.

"Saya menekankan di sini bahwa tidak ada makanan dan minuman tertentu yang bisa mengklaim menyembuhkan COVID-19," ujar dr. Diana F. Suganda saat kepada detikcom (07/07).

Ahli Gizi Sebut Tak Ada Makanan dan Minuman yang Bisa Sembuhkan COVID-19Ahli Gizi Sebut Tak Ada Makanan dan Minuman yang Bisa Sembuhkan COVID-19 Foto: iStock

Lebih lanjut, dr. Diana menjelaskan bahwa COVID-19 itu merupakan virus. Sementara virus itu memiliki sifat self-limiting disease atau dalam artian dapat sembuh dengan sendirinya.

"Tapi memang kalau daya tahan tubuhnya gak baik, ya justru bisa berakibat efek yang macam-macam. Jadi pengobatannya pun harus menyeluruh. Nah, kalau dari sisi makanan, tidak ada makanan atau minuman yang dapat menyembuhkan catat," tutur dr. Diana F. Suganda.

Lantas mengapa ada beberapa orang yang menyebut kalau dirinya sembuh dari COVID-19 usai mengonsumsi air kelapa hijau?. Dr. Diana F. Suganda mengatakan hal itu mungkin terjadi karena asupan makannya yang baik.

Ahli Gizi Sebut Tak Ada Makanan dan Minuman yang Bisa Sembuhkan COVID-19Ahli Gizi Sebut Tak Ada Makanan dan Minuman yang Bisa Sembuhkan COVID-19 Foto: iStock

"Kalau ada yang bilang oh dia sembuh dengan air kelapa hijau, itu bukan air kelapanya. Tapi asupan makanan yang lain bagus, lengkap. Karbonya, protein, lemak, vitamin dan mineralnya lengkap," ujarnya.

Namun, bukan berarti air kelapa hijau tidak boleh dikonsumsi. Mengingat air kelapa hijau mengandung nutrisi yang baik. Menurut dr. Diana F. Suganda, dalam 250 ml air kelapa hanya mengandung 50 kalori.

Selain itu, air kelapa juga mengandung protein, lemak, kalsium dan kalium. Untuk mendapatkan khasiatnya, dr. Diana F. Suganda lebih menyarankan air kelapa hijau diminum secara alami tanpa tambahan apapun,

"Jika mau mengonsumsi air kelapa hijau atau air kelapa muda ya paling bagus untuk mendapatkan efeknya ya alami aja. Gak usah ditambah sirup, gula, ataupun madu," tutupnya.

Baca Juga: Susu Beruang dan Air Kelapa Hijau Diklaim Sebagai Obat Penyembuh COVID-19

Simak video 'Asupan Gizi yang Perlu Diperhatikan Saat Terpapar Virus Corona':

[Gambas:Video 20detik]



(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com