Vitamin untuk Covid, Vitamin B Bisa Didapat dari 7 Makanan Sehat Ini

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 06 Jul 2021 15:00 WIB
Edamame is one of the popular Japanese cuisine Foto: iStock
Jakarta -

Vitamin untuk Covid salah satunya adalah vitamin B. Vitamin B mudah didapatkan alami dari konsumsi 7 makanan sehat ini.

Kasus Covid-19 yang belum juga mereda di Indonesia membuat banyak orang gencar minum vitamin untuk daya tahan tubuh. Selain vitamin C, asupan beberapa vitamin untuk Covid juga disarankan pakar kesehatan termasuk vitamin B.

Vitamin B yang terdiri dari 8 jenis ini memiliki banyak peranan penting. Mulai dari sumber energi, menjaga metabolisme tubuh, hingga membantu produksi sel darah merah.

Jika kurang konsumsi vitamin untuk Covid ini, kamu akan mengalami berbagai kondisi tak mengenakkan. Diantaranya anemia, kram otot, mudah lelah, dan melemahnya sistem kekebalan tubuh.

Kondisi kekebalan tubuh yang lemah tentu berbahaya bagi kesehatan. Jika tubuh kekurangan vitamin B, virus akan mudah menyerang dan menyebabkan penyakit.

Sayangnya tubuh tidak dapat memproduksi vitamin B sehingga asupannya diperlukan dari suplemen vitamin B atau konsumsi makanan tertentu. Ada beberapa makanan yang terkenal tinggi vitamin B.

Dirangkum detikfood dari Livestrong (6/7), berikut 7 makanan yang mengandung vitamin untuk Covid yaitu vitamin B:

1. Dada ayam

Makanan yang mengandung vitamin B tinggi ini sangat populer di kalangan pelaku hidup sehat. Dada ayam mengandung banyak jenis vitamin B, mulai dari B1, B2, B3, B5, B6, sampai B12.

Untuk konsumsi 170 gram dada ayam bahkan bisa memenuhi 92% kebutuhan harian akan vitamin B6. Kelebihan lainnya, dada ayam tinggi protein dan rendah lemak. Karenanya dada ayam juga baik dikonsumsi rutin oleh pelaku diet.

2. Salmon

Raw salmon steakVitamin untuk Covid, Vitamin B Bisa Didapat dari 7 Makanan Sehat Ini Foto: Getty Images/ansonmiao

Sumber protein lain yang juga tinggi kandungan vitamin B adalah salmon. Dalam tiap 170 gram salmon liar mengandung 7 jenis vitamin B. Jumlah fantastis ada pada vitamin B12 yang memenuhi 216% kebutuhan harian.

Salmon juga mengandung asam lemak omega 3, protein, dan nutrisi lain yang mendukung kesehatan otak dan tulang. Konsumsi salmon bahkan terbukti bermanfaat dalam meningkatkan kemampuan kognitif.

3. Bayam

Makan bayam dalam kondisi matang maupun mentah juga bisa mengasup tubuh akan vitamin untuk Covid ini. Tiap satu cangkir bayam matang mengandung vitamin B1, B2, B3, B5, B6, dan B9. Jumlah tertinggi ada pada vitamin B9 yang berfungsi dalam memproduksi sel darah merah yang sehat.

Bayam juga menjadi sumber serat, zat besi, kalsium, dan potassium yang baik. Sayuran hijau ini juga disukai pelaku vegan karena secara alami mengandung vitamin B12 yang biasanya terdapat pada makanan hewani.

4. Nasi cokelat

Wooden bowl with uncooked brown rice isolated on white background. Top viewVitamin untuk Covid, Vitamin B Bisa Didapat dari 7 Makanan Sehat Ini Foto: Getty Images/iStockphoto/igoriss

Makanan yang mengandung vitamin B tinggi selanjutnya adalah nasi cokelat. Jenis nasi ini kerap dijadikan alternatif sehat nasi putih. Tiap cangkir nasi cokelat matang mengandung 6 jenis vitamin B.

Keunggulan lain dari nasi cokelat adalah kandungan seratnya yang tinggi, bahkan mencapai 3.2 gram serat per cangkir. Nasi cokelat juga baik dikonsumsi pelaku diet karena bisa mempertahankan rasa kenyang lebih lama.

5. Jeruk

Vitamin untuk Covid, vitamin B bukan hanya didapat dari sumber hewani saja, melainkan juga buah. Satu buah jeruk ukuran besar bisa kamu andalkan sebagai sumber vitamin B. Jenis yang terkandung antara lain vitamin B1, B2, B3, B5, B6, dan B9.

Bonus lain dari konsumsi jeruk adalah kandungan vitamin C yang juga bagus untuk imunitas tubuh. Juga ada kandungan serat yang berfungsi menjaga kesehatan jantung.

6. Alpukat

Ilustrasi alpukatVitamin untuk Covid, Vitamin B Bisa Didapat dari 7 Makanan Sehat Ini Foto: Getty Images/iStockphoto/Milan Krasula

Satu lagi buah yang merupakan makanan tinggi vitamin B. Alpukat mengandung paling banyak vitamin B dibanding jenis buah lainnya. Jumlah tertingginya ada pada vitamin B9.

Profil nutrisi lainnya, satu buah alpukat memasok 4 gram protein nabati. Kandungan seratnya juga hebat, mencapai 13.5 gram per buah.

7. Edamame

Mau cari camilan sehat tinggi vitamin B? Makanlah edamame secara rutin. Tiap 1 cangkir edamame mengandung vitamin untuk Covid ini dalam jenis yang lengkap mulai dari B1, B2, B3, B5, B6, hingga B9.

Edamame kerap diandalkan pelaku vegan atau vegetarian karena kandungan proteinnya yang juga tinggi. Tambahan lainnya, edamame mengandung serat dan vitamin K yang penting untuk mencegah pembekuan darah.



Simak Video "Masak Masak: Resep Lava Cake Kukus"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com