5 Menu Telur dan Jumlah Kalorinya, Telur Rebus hingga Omelet!

Yenny Mustika Sari - detikFood Senin, 28 Jun 2021 08:00 WIB
Hidangan telur dan jumlah kalorinya Foto: Getty Images/iStockphoto/
Jakarta -

Telur memang bisa dijadikan hidangan praktis yang nikmat. Seperti telur rebus, orak-arik, omelet, dan lainnya. Cari tahu juga jumlah kalorinya per hidangan!

Telur adalah salah satu makanan berprotein tinggi yang menyehatkan. Apalagi telur mudah dibuat sehingga bisa dikreasikan menjadi beragam hidangan lezat.

Telur banyak dikonsumsi sebagai menu sarapan. Seperti dijadikan telur rebus, omelet, orak-arik telur hingga poached egg untuk isian sandwich.

Selain menyantapnya, kamu juga harus menghitung jumlah kalorinya. Dilansir dari Health Beet (29/4), jumlah kalori menu telur populer ini berkisar mulai dari angka 60.

Berikut 5 menu telur dan jumlah kalorinya.

1. Telur Rebus

Hidangan telur dan jumlah kalorinyaHidangan telur dan jumlah kalorinya Foto: Getty Images/iStockphoto/

Telur rebus umum dikonsumsi oleh orang Indonesia. Biasanya disantap begitu saja untuk sarapan atau ditambahkan bumbu lagi. Seperti telur balado, semur telur, gulai telur, dan lainnya.

Kalau kamu sedang diet, tampaknya menu telur rebus bisa kamu jadikan andalan. Pasalnya satu butir telur rebus hanya mengandung sekitar 63 kalori. Jumlah proteinnya juga cuup banyak yaitu 6 gram.

Baca Juga: 5 Menu Sarapan Sayur Enak untuk Perkuat Daya Tahan Tubuh

2. Telur Orak-arik

Hidangan telur dan jumlah kalorinyaHidangan telur dan jumlah kalorinya Foto: Getty Images/iStockphoto/

Hidangan telur orak-arik juga praktis sekali dibuat. Kamu bisa menggunakan 1-2 butir telur untuk dikonsumsi sebagai menu sarapan. Tambahkan sedikit garam dan merica bubuk agar lebih enak.

Dalam satu porsi telur orak-arik jumlah kalorinya juga rendah. Biasanya mengandung 150 kalori dan 19 gram protein.

3. Omelet

Hidangan telur dan jumlah kalorinyaHidangan telur dan jumlah kalorinya Foto: Getty Images/iStockphoto/

Menu omelet juga sering dijadian sarapan yang nikmat. Biasanya dalam satu porsi omelet tak hanya menggunakan telur saja, melainkan sering ditambahkan cincangan sayuran seperti wortel, daun bawang, bawang bombai, dan lainnya.

Namun, kalau kamu hanya menggunakan telur saja jumlah kalorinya jauh lebih rendah. Berkisar di angka 100 kalori dan mengandung 6 gram protein.

Baca Juga: Viral Pasangan Ini Belanja Bulanan sampai Rp 113 Juta, Ini Penjelasannya

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com