10 Makanan Sehat yang Jadi Favorit Nabi Muhammad SAW

Riska Fitria - detikFood Senin, 28 Jun 2021 05:00 WIB
Figs Still Life Foto: iStock

7. Jamur

jamur truffle gratis10 Makanan Sehat yang Jadi Favorit Nabi Muhammad SAW. Foto: istimewa/foxnews

Nabi Muhammad SAW menyukai jamur tepatnya truffle. Jamur truffle memiliki kandungan karbohidrat, protein dan serat. Selain itu, juga mengandung vitamin C, fosfor, sodium, kalium dan lainnya.

Menurut sabda Nabi Muhammad SAW, jamur berfungsi sebagai obat untuk mata. Selain itu, jamur juga dapat bertindak sebagai sumber pengendalian kelahiran jika diperlukan.

8. Minyak Zaitun

Minyak zaitun memiliki banyak khasiat. Itu karena di dalamnya banyak mengandung antioksidan dan mengandung lemak jenuh tunggal. Minyak zaitun juga memiliki sifat antibakteri.

Khasiatnya dapat mengurangi risiko kanker, mencegah stroke, melindungi kesehatan jantung dan mencegah obesitas.

Nabi Muhammad SAW pun mengandalkannya untuk kesehatan kulit dan rambut. Nabi Muhammad SAW berkata, "Minyak zaitun sangat baik untuk menunda penuaan dan berfungsi untuk mengatasi perut yang panas,".

9. Delima

Sliced pomegranate on cutting board with knife and whole pomegranate behind.  Shot with shallow focus on sliced fruit.10 Makanan Sehat yang Jadi Favorit Nabi Muhammad SAW. Foto: Getty Images/pjohnson1

Buah delima kaya akan nutrisi. Di dalamnya terdapat kandungan vitamin C, antioksidan, serat hingga agen antiradang. Khasiatnya dapat meredakan nyeri sendi hingga menurunkan tekanan darah.

Sesuai sabda Nabi Muhammad SAW, buah delima dapat membersihkan jiwa manusia dari semua kejahatan, setidaknya selama 40 hari. Selain itu, buah delima juga disebut sebagai salah satu buah termanis dalam hierarkinya.

10. Melon

Selain rasanya yang manis, buah melon baik untuk kesehatan terutama untuk kaum wanita. Nabi Muhammad SAW berkata, "Tidak ada wanita yang makan melon saat hamil akan gagal saat melahirkan anak yang berakhlak mulia,".

Hal itu juga telah dibuktikan secara ilmiah. Melon mengandung vitamin B6 yang mendukung pertumbuhan tulang belakang janin. Mengonsumsi buah melon juga dapat menghidrasi tubuh karena di dalamnya terdapat kandungan air.

Baca Juga: Apa Sih Makanan Kesukaan Rasulullah SAW?

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua


Simak Video "Bikin Laper: Unik! Ada Masakan Padang Vegetarian"
[Gambas:Video 20detik]

(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com