5 Obat Herbal Ini Disebutkan dalam Al-Quran dan Hadist

Devi Setya - detikFood Sabtu, 26 Jun 2021 05:56 WIB
buah zaitun Foto: iStock
Jakarta -

Jauh sebelum ada obat kimia, orang-orang sudah mengandalkan pengobatan dengan bahan herbal. Termasuk dalam Al-Quran ada bahan alami yang dijadikan obat herbal.


Siapapun bisa terkena penyakit dan berbagai masalah kesehatan. Untuk meredakan sakit ini, orang biasa mengandalkan obat. Tapi sebelum memilih obat kimia, ada baiknya untuk lebih dulu mencoba obat herbal yang meredakan sakit namun tidak memiliki efek samping.

Bahkan dalam Al-Quran disebutkan beberapa bahan alami yang bisa jadi obat herbal untuk berbagai penyakit. Sebuah hadits Riwayat Bukhari, Rasulullah saw. menyampaikan, "Tidaklah Allah menurunkan suatu penyakit, melainkan akan menurunkan pula obat untuk penyakit tersebut." Jadi jangan putus asa ketika mendapat ujian berupa penyakit.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ada lima jenis obat yang telah disebutkan dalam Al-Qur'an dan Hadits. Selain aman dikonsumsi dan bermanfaat bagi kesehatan, kelimanya dapat menyembuhkan penyakit tertentu.

Berikut lima obat herbal yang tercatat dalam Al-Quran dan hadist.

1. Madu

perusahaan startup membuat madu tanpa lebah dan susu tanpa sapi5 Obat Herbal Ini Disebutkan dalam Al-Quran dan Hadist foto : iStock

Dalam Al-Qur'an surat An-Nahl ayat 68-69 menyebutkan, "Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah, 'Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan ditempat yang dibuat manusia, kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang dimudahkan bagimu. Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia."

Madu dapat digunakan untuk mengobati beraneka ragam penyakit seperti thypus, masalah pencernaan dan lambung. Madu juga kerap diandalkan untuk mengobati keracunan, muntaber hingga masalah pada hati.

Selain sebagai obat, madu juga memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik. Konsumsi madu secara rutin bisa membantu membuat tubuh tetap sehat dan bugar.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Nggak Cuma Obat Herbal, Daun Kelor Bisa Jadi Cokelat Lezat"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com