5 Obat Herbal Ini Disebutkan dalam Al-Quran dan Hadist

Devi Setya - detikFood Sabtu, 26 Jun 2021 05:56 WIB
buah zaitun Foto: iStock

4. Jintan hitam (Habatusauda)

Fakta Menarik Jintan Hitam5 Obat Herbal Ini Disebutkan dalam Al-Quran dan Hadist Foto: Getty Images/Rouzes

Jintan hitam atau dikenal juga dengan sebutan habatussauda memiliki banyak manfaat. Jintan hitam juga terbukti ampuh menguatkan sistem kekebalan tubuh, menetralisir racun hingga anti stres.

Keistimewaan jintan hitam ini juga tertulis di dalam salah satu riwayat hadist, Rasulullah saw bersabda, "Sesungguhnya di dalam Habbatussauda (jintan hitam) terdapat penyembuh bagi segala macam penyakit, kecuali kematian." (HR Bukhori dan Muslim)

5. Jahe

Tanaman ini disebutkan dalam Al-Qur'an, surat Al Insan ayat 17. "Di dalam surga itu mereka diberi minum segelas (minuman) yang campurannya adalah jahe."

Jahe memiliki banyak khasiat, khususnya dalam mengobati organ pernapasan seperti asma, batuk, dan meluruhkan dahak. Selain itu, tanaman ini juga dipercaya dapat mengobati radang gusi, dan meredakan radang sendi.

Jahe juga telah terbukti memperkuat otot jantung, mencegah terjadinya penggumpalan darah, serta mencegah penyumbatan jantung dan otak. Apalagi jahe punya rasa segar sehingga bisa jadi obat herbal yang enak dikonsumsi setiap hari.

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua


Simak Video "Nggak Cuma Obat Herbal, Daun Kelor Bisa Jadi Cokelat Lezat"
[Gambas:Video 20detik]

(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com