6 Makanan Sumber Vitamin D Ini Bisa Meningkatkan Imunitas Tubuh

Diah Afrilian - detikFood Sabtu, 26 Jun 2021 05:00 WIB
Cara Mengolah Hati Sapi yang Benar Foto: iStock

3. Salmon

Fakta tentang ikan salmonFoto: iStock

Manfaat kesehatan dari ikan salmon ini begitu tinggi dan sangat disarankan oleh ahli. Konsumsi sumber vitamin D inidiketahui dapat meningkatkan kesehatan sistem imun untuk menurunkan risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung dan gangguan pencernaan.

Pada tiap 85 gram salmon yang telah matang mengandung 570 IU vitamin D yang dapat memenuhi kebutuhan 71% vitamin D harian. Salmon juga termasuk jenis ikan yang sangat mudah untuk diolah bahkan jika hanya dimasak dengan menggunakan teflon sekali pun.

4. Sarden

Ikan yang mudah didapatkan dan seringkali dibanderol dengan harga yang murah ini memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang sangat kaya dan baik untuk kesehatan jantung. Ikan sarden yang tinggi akan asam lemak dan vitamin lainnya juga terbukti memiliki kadar merkuri yang rendah sehingga aman untuk kesehatan.

Dengan konsumsi dua kaleng sarden dapat memenuhi kebutuhan vitamin D sebesar 46 IU yang setara dengan 5% dari kebutuhan rekomendasi harian. Selain asam lemak omega-3 dan vitamin D, kandungan vitamin B12 yang tinggi pada sarden membuat sarden sangat direkomendasikan untuk pelaku diet pescatarian.

5. Hati

Cara Mengolah Hati Sapi yang BenarCara Mengolah Hati Sapi yang Benar Foto: iStock

Hati hewan sangat kaya akan nutrisi dan dikatakan sebagai bagian tubuh hewan yang bisa dimakan dengan nutrisi terpadat di dunia. Terutama pada hati sapi, kandungan vitamin D-nya sangat cukup untuk membantu memenuhi kebutuhan tubuh.

Pada 85 gram hati sapi diketahui mengandung 42 IU yang membantu memenuhi 5% kebutuhan vitamin D harian yang disarankan. Sumber vitamin D ini juga bisa diolah dengan berbagai cara dan tidak butuh teknik pemasakan yang sulit.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Ngopi dan Ngemil Sehat ala Growell Coffee Senopati"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com