Minum Air Selada Hangat Bisa Atasi Insomnia, Apa Benar?

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 08 Jun 2021 10:30 WIB
Minum Air Selada Hangat Bisa Atasi Insomnia, Benarkah? Foto: Getty Images/iStockphoto/RainStar
Jakarta -

Insomnia menyebabkan penderitanya sulit tidur. Untuk mengatasinya, ada cara alami yang disebut ampuh yaitu minum air selada hangat!

Banyak orang kini berjuang mengatasi insomnia, gangguan tidur yang menyebabkan mereka sulit tidur atau tidak cukup tidur meskipun memiliki waktu. Insomnia dipicu beberapa hal, termasuk stress dan gaya hidup tidak sehat.

Untuk mengatasi insomnia, salah satunya bisa melalui cara alami yaitu konsumsi makanan yang tepat. Belakangan viral di TikTok unggahan soal cara alami mengatasi insomnia.

Cara tersebut adalah membuat air selada. Caranya tinggal menaruh beberapa lembar selada ke dalam rebusan air hangat. Air ini kemudian dinikmati layaknya teh.

Minum Air Selada Hangat Bisa Atasi Insomnia, Benarkah?Minum Air Selada Hangat Bisa Atasi Insomnia, Benarkah? Foto: Getty Images/iStockphoto/RainStar

Baca Juga: Kurang Tidur Kok Malah Gampang Gemuk? Ini Penjelasannya

Dikutip dari Says (7/6), banyak netizen merasa cara ini berhasil mengatasi insomnia mereka. Ada juga yang menyarankan paduan air selada hangat dengan teh chamomile untuk menghadirkan perasaan lebih tenang.

Lantas benarkah konsumsi air selada hangat efektif atasi insomnia? Selada, khususnya romaine lettuce, mengandung lactucarium yang memiliki efek menenangkan layaknya obat penenang.

Meminum air selada hangat bisa membuat seseorang lebih rileks dan mudah tidur. Romaine lettuce disarankan karena mengandung senyawa lactucin lebih tinggi dibanding jenis selada lain.

Minum Air Selada Hangat Bisa Atasi Insomnia, Benarkah?Minum Air Selada Hangat Bisa Atasi Insomnia, Benarkah? Foto: Getty Images/iStockphoto/RainStar

Lactucin yang merupakan senyawa pahit dan terkandung dalam lactucarium, memang bisa ditemukan di beberapa jenis selada. Penelitian membuktikan senyawa ini memiliki sifat analgesik dan menenangkan.

Menurut The Guardian, makan salad selada juga memiliki manfaat atasi insomnia. Tapi beberapa orang lebih memilih minum air selada layaknya teh untuk mendapat hasil yang lebih maksimal.

Cara membuat air selada hangat adalah rendam romaine lettuce dalam air panas selama 10 menit. Kamu juga bisa menambahkan madu jika suka. Konon efek mengantuk akan datang 30 menit hingga 1 jam setelah kamu meminumnya.

Baca Juga: Insomnia? Minumlah 5 Teh yang Bisa Bantu Tidur Nyenyak Ini

Minum Air Selada Hangat Bisa Atasi Insomnia, Benarkah?Minum Air Selada Hangat Bisa Atasi Insomnia, Benarkah? Foto: Getty Images/iStockphoto/RainStar

Cara alami lain untuk mengatasi insomnia adalah mengonsumsi makanan yang tepat. Makanan ini bisa membuat kualitas tidur jadi lebih baik karena mengandung triptofan, antioksidan, vitamin D, vitamin B, serotonin atau folat.

Makanan yang baik untuk atasi insomnia adalah kiwi, kacang-kacangan, susu hangat, hingga the chamomile. Tak ketinggalan pisang yang mengandung triptofan dan merupakan sumber magnesium yang baik. Keduanya dapat membantu Anda tidur dengan nyenyak.

Tips lain untuk mengatasi insomnia adalah menghindari konsumsi makanan pedas dan makanan yang mengandung kafein tinggi jelang tidur. Usahakan selesai makan lebih dari 2-3 jam sebelum tidur.

Baca Juga: Cara Mengatasi Insomnia: Ini Makanan Alami untuk Mengatasinya

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com