Ini 4 Akibat Kurang Makan Sayur yang Akan Dirasakan Tubuh!

Yenny Mustika Sari - detikFood Minggu, 06 Jun 2021 07:00 WIB
Makan Sayuran Saat Sarapan Bisa Kurangi Konsumsi Gula, Ini Kata Ahli Foto: Getty Images/Synergee
Jakarta -

Asupan gizi tak akan seimbang jika kita melewatkan makan sayur dalam sehari. Konsumsi sayur secara rutin agar tubuh terhindar dari efek buruk ini.

Anjuran mengonsumsi makanan bergizi seimbang bukanlah tanpa sebab. Karena dalam pola makan tersebut terdapat sayuran yang sangat penting manfaatnya untuk tubuh kalau dikonsumsi secara rutin.

Ada beragam jenis sayuran dan di antaranya memiliki kandungan nutrisi berbeda. Seperti kandungan vitamin, mineral, protein, zat besi, serat, dan lainnya.

Kalau kamu ingin tubuh tetap sehat, memang harus rutin mengonsumsi sayuran. Karena kalau kekurangan makan sayuran, maka akan menimbulkan akibat bagi tubuh kita.

Baca Juga: Titi Kamal dan Denny Cagur Punya Restoran ala Warteg

Dilansir dari Eat This (4/6), berikut 4 akibat kalau kurang makan sayur.

1. Perubahan Mood yang Signifikan

sayur sop or vegetable with chicken soup indonesian culinarysayur Foto: Getty Images/iStockphoto/ferlistockphoto

Perubahan mood yang signifikan bisa dirasakan oleh setiap orang. Hal ini juga berpengaruh pada orang-orang yang kurang makan sayuran dan kerap disebut psikiatri nutrisi.

Dalam sebuah studi yang dikeluarkan oleh Harvard Health, ketika kamu mengonsumsi makanan dengan kandungan nutrisi dan vitamin yang tepat, maka makanan itu bisa meningkatkan fungsi otak yang secara langsung berhubungan dengan suasana hati.

Studi yang diterbitkan dalam jurnal Psychiatry Research membuat korelasi antara pola diet dan risiko depresi, khususnya untuk diet yang rendah asupan buah dan sayuran. Jika diet yang kamu lakukan tinggi konsumsi daging olahan, biji-bijian olahan, kentang, dan lainnya, maka risiko depresi bisa meningkat secara signifikan.

2. Cepat Merasa Lapar

Apakah Mengeluh Lapar dan Membicarakan Makanan Bisa Membatalkan Puasa?lapar Foto: iStock

Buah-buahan dan sayuran adalah sumber serat dan karbohidrat komplet yang baik dalam pola makan. Kedua nutrisi itu penting dikonsumsi agar tubuh merasa kenyang lebih lama.

Jadi, saat tubuhmu kekurangan asupan sayuran maka akan kehilangan sumber serat dan karbohidrat kompleks. Sehingga tubuh jadi cepat merasa lapar. Perasaan lapar ini bisa berasal dari lonjakan dan penurunan gula darah yang cepat.

Baca Juga: Ini Sebabnya Makanan Pilot dan Co Pilot di Pesawat Selalu Berbeda Menunya

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Masak Masak: Tumis Ayam Sayur Simpel untuk Weekend di Rumah"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com