10 Makanan Ini Bagus untuk Kesehatan Mata, Jaga Ketajaman Penglihatan

Diah Afrilian - detikFood Rabu, 02 Jun 2021 08:00 WIB
tanaman bayam deteksi bom Foto: iStock

4. Jeruk

Di balik rasa jeruk yang cenderung asam justru tersimpan manfaat yang begitu manis. Jeruk diperkaya akan kandungan vitamin E dan C yang tinggi yang bahan dianggap sebagai antioksidan yang disarankan.

Para ahli juga mengatakan bahwa jeruk terbukti dapat menjaga kesehatan mata dari pengaruh kerusakan yang disebabkan oleh penuaan. Salah satu jenis jeruk yang paling direkomendasikan adalah lemon.

5. Sayuran Hijau

tanaman bayam deteksi bomFoto: iStock

Sayuran hijau memiliki kandungan lutein dan zeaxanthin yang juga kaya akan vitamin C. Mineral tersebut juga dikatakan memiliki manfaat yang begitu baik untuk menjaga kesehatan dan ketajaman mata.

Salah satunya bayam yang menjadi sayuran hijau yang paling direkomendasikan oleh para ahli. Menambahkan segenggam bayam pada setiap menu makan akan menjadi salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehatan mata.

6. Wortel

Sudah tidak bisa diragukan lagi. Secara turun temurun wortel memang menjadi bahan makanan yang paling dipercaya untuk jaga kesehatan mata.

Kandungan vitamin A dan beta karoten yang baik membuat wortel memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan mata. Kandungan vitamin A dan beta karotennya yang tinggi ini juga menjadi alasan wortel memiliki warna oranye.

7. Ubi

Ilustrasi ubi jalarFoto: iStock

Selama ini ubi dikenal dengan bahan makanan kaya karbohidrat yang sehat. Ubi seringkali digunakan untuk pengganti nasi atau kentang bagi para pelaku diet.

Ternyata tidak hanya kandungan karbohidratnya yang tinggi, ubi juga punya vitamin yang baik untuk mata. Ubi diperkaya akan vitamin E yang merupakan antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan mata maupun menangkal radikal bebas.

Baca juga: Makan Ubi Merah Mata Jadi Sehat

8. Daging Sapi

Bukan hanya kandungan protein dan lemak, daging sapi juga punya kandungan zinc yang baik. Zinc merupakan mineral yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mata dalam jangka panjang.

Zinc diakui para ahli dapat menghambat ketajaman mata akibat faktor penuaan serta degenerasi otot. Mata sendiri memiliki kandungan zinc yang tinggi, terutama pada retina serta saraf halus yang berada di sekitar retina mata.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com