Susu Rendah Lemak untuk Diet, Ini Sederet Manfaat dan Contohnya

Novia Aisyah - detikFood Sabtu, 29 Mei 2021 06:00 WIB
Manfaat Oat Milk, Susu Nabati yang Tengah Naik Daun Foto: Getty Images/iStockphoto/YelenaYemchuk/Susu Rendah Lemak untuk Diet, Ini Sederet Manfaat dan Contohnya
Jakarta -

Ada beragam susu rendah lemak untuk diet di pasaran. Susu jenis ini dipercaya bisa membantu menjaga berat badan, terutama bagi yang sedang diet.

Ahli gizi Dr Marudut Sitompul, MPS dari Persatuan Ahli Gizi Indonesia (Persagi) mengatakan, konsumsi susu rendah lemah baik untuk dewasa. Dalam wawancara dengan detikcom tersebut Dr Marudut mengatakan, usia anak tidak disarankan misum susu ini.

"Kalau usia masih pertumbuhan ya (jadi) masalah. Karena bahaya kalau anak kurang lemak," ujar Dr Marudut yang menjadi ketua bidang ilmiah: inovasi, riset, dan pengembangan Persagi.

Anak-anak dalam masa pertumbuhan membutuhkan lemak. Zat ini diperlukan untuk mengoptimalkan pembentukan sel otak dan hormon. Kekurangan lemak akan menghambat proses tumbuh kembang secara umum.

Selain membantu untuk tidak menambah berat badan, konsumsi susu rendah lemak masih punya banyak manfaat. Berikut manfaat dan contoh susu rendah lemak untuk diet.

A. Manfaat susu rendah lemak untuk diet

1. Tinggi kalsium dan protein

Mengutip dari WebMd, susu rendah lemak memiliki kandungan kalsium dan protein yang tinggi. Karakter ini sama dengan yoghurt dan keju rendah lemak.

2. Tinggi kandungan vitamin D

Konsumsi susu rendah lemak dapat membantu memenuhi kadar vitamin D dalam tubuh. Kandungan vitamin D yang cukup akan meningkatkan penyerapan kalsium.

3. Menurunkan risiko masalah metabolisme

Studi yang melibatkan 827 pria dan wanita menyimpulkan, orang yang mengkonsumsi produk susu cenderung punya lingkar pinggang lebih kecil. Hasilnya mereka berisiko lebih kecil mengalami masalah metabolisme.

4. Menjaga berat badan ideal

Peneliti dari Universitas Alabama menyatakan, konsumsi kalsium memang tidak berhubungan dengan penurunan berat badan. Namun tetap ada bukti yang mendukung kalsium dalam produk susu berperan dalam pengaturan berat badan.

B. Contoh susu rendah lemak untuk diet

1. Susu almond

Selain merupakan alternatif untuk orang yang menghindari susu hewani, susu almond juga cocok untuk yang sedang diet karbo.

Ini karena susu rendah lemak punya kandungan karbohidrat yang rendah. Tak hanya itu, susu jenis ini juga punya kandungan antioksidan dan vitamin E yang bagus.

2. Susu oat

Susu oatmeal bagus untuk diet karena punya kandungan serat larut air dan membuat kenyang lebih lama. Mengapa bisa membuat kenyang lebih lama?

Ketika dicerna oleh tubuh, serat dalam susu oatmeal akan berubah jadi gel sehingga membuat kita tetap kenyang. Terlebih lagi, serat larut air tersbut mampu menurunkan kolesterol dalam tubuh.

3. Susu kedelai

Selain nikmat, susu kedelai juga rendah lemak. Tak hanya itu, susu kedelai cocok untuk diet karena hampir tak punya lemak jenuh dan tak memiliki kandungan kolesterol.

Kandungan isoflavon dalam susu kedelai juga mempunyai beberapa manfaat, salah satunya untuk kepadatan tulang. Dengan sederet manfaat ini, susu kedelai sangat dianjurkan untuk dikonsumsi.

Itulah sederet contoh susu rendah lemak untuk diet beserta manfaatnya. Tertarik mengganti konsumsi susu harianmu?



Simak Video "Susu Kambing di Purwakarta Jadi Buruan Warga untuk Tingkatkan Imun"
[Gambas:Video 20detik]
(row/row)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com