Water Fasting, Metode Diet Hanya Minum Air Putih Diklaim Ampuh Turunkan BB

Sonia Basoni - detikFood
Rabu, 26 Mei 2021 05:57 WIB
Minum air putih
Foto: iStock

3. Populer dari Mulut ke Mulut

Water Fasting, Metode Diet Hanya Minum Air Putih Diklaim Ampuh Turunkan BBWater Fasting, Metode Diet Hanya Minum Air Putih Diklaim Ampuh Turunkan BB Foto: Getty Images/iStockphoto

Berbeda dengan diet keto atau diet paleo yang populer di dunia medis atau kesehatan. Kalau metode water fasting ini bisa dibilang populer dari mulut ke mulut.

Kebanyakan orang melakukan water fasting setelah mendengar pengalaman orang lain. Bahkan kebanyakan tips water fasting yang beredar di internet dan YouTube, bukan berasal dari orang-orang yang punya pengetahuan di bidang kesehatan atau diet.

Tapi selain dapat menurunkan berat badan, banyak yang percaya bahwa water fasting ini bisa menurunkan risiko diabetes. Karena tubuh tidak menerima asupan gula dari makanan dan minuman.

4. Konsumsi Air Putih

Water Fasting, Metode Diet Hanya Minum Air Putih Diklaim Ampuh Turunkan BBWater Fasting, Metode Diet Hanya Minum Air Putih Diklaim Ampuh Turunkan BB Foto: Getty Images/iStockphoto

Meski terlihat gampang tapi ada satu aturan penting yang harus diterapkan, selama menjalani metode diet ini. Yaitu takaran konsumsi air putih.

Setidaknya tubuh membutuhkan sekitar 2-3 liter air putih per hari untuk tetap berfungsi. Takaran ini bisa lebih banyak, karena tubuh tidak menerima makanan atau minuman tambahan.

Selain itu water fasting ini bisa membantu menurunkan tekanan darah, pada penderita hipertensi. Tentunya metode ini dilakukan di bawah pengawasan ketat dokter.

Salah satu studi menunjukkan adanya penurunan tekanan darah sekitar 82-90%, pada pasien penderita hipertensi. Setelah menjalani water fasting selama 10 hingga 14 hari.



Simak Video "Lagi Diet? Bisa Konsumsi Nasi Shirataki yang Rendah Kalori"
[Gambas:Video 20detik]