Ini 6 Manfaat Makan Jamur Secara Teratur

Diah Afrilian - detikFood Jumat, 21 Mei 2021 08:00 WIB
Ini 6 Manfaat Makan Jamur Secara Teratur Foto: iStock
Jakarta -

Ternyata makan jamur dengan teratur punya manfaat baik yang bisa didapatkan tubuh. Apalgi jika kamu makan 6 jamur ini secara teratur

Jamur merupakan tumbuhan yang biasanya tumbuh menempel pada tumbuhan lainnya. Jamur memiliki beragam jenis dan bentuk yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan dan keinginan.

Di Indonesia ada beberapa jenis jamur yang paling digemari dan paling sering diolah menjadi makanan. Ada jamur tiram, shitake, shimeji, portobello dan enoki.

Jamur menjadi bahan makanan yang mudah diolah dan cocok untuk dipadukan dengan berbagai masakan. Jamur memiliki kandungan serat, vitamin dan mineral yang juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Dilansir dari WebMD (13/11), berikut ini 6 manfaat yang bisa didapatkan dengan rutin makan jamur:

Ini 6 Manfaat Makan Jamur Secara TeraturIni 6 Manfaat Makan Jamur Secara Teratur Foto: iStock

1. Kandungan Vitamin D

Jamur adalah satu-satunya hasil bumi yang mengandung banyak vitamin D. Nutrisi ini tidak banyak ditemukan dalam kandungan yang tinggi pada bahan makanan lainnya.

Hal itu dikarenakan jamur dapat membuat vitamin D ketika terkena sinar UV. Misalnya, satu jamur portobello dapat mengandung lebih dari 100% vitamin D untuk memenuhi kebutuhan harian.

2. Rasanya Mirip Daging

Rasa jamur dikatakan memiliki rasa umami. Dalam bahasa Jepang, umami berarti rasa gurih yang nikmatmenyenangkan.

Jamur Portobello memiliki rasa yang lebih menyerupai daging. Jamur ini juga memiliki tekstur kenyal juicydaging, hal itu yang menyebabkan jamur diolah dengan cara dipanggang utuh atau disajikan sebagai pengganti daging.

Baca Juga: 5 Resep Olahan Jamur yang Gurih Enak dan Murah

3. Kaya Akan Selenium

Ini 6 Manfaat Makan Jamur Secara TeraturIni 6 Manfaat Makan Jamur Secara Teratur Foto: iStock

Jamur ternyata mengandung selenium yang begitu banyak. Jika dibandingkan dengan tanaman yang lain, selenium paling banyak ditemukan pada jamur.

Selenium merupakan mineral yang bekerja seperti antioksidan pada tubuh, melindungi sel-sel tubuh untuk melawan kerusakan yang dapat menyebabkan penyakit. Selenium juga berperan dalam menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh.

4. Pengganti Daging Hewani

Rasa jamur yang lezat dan teksturnya yang kenyal, dikatakan jamur memiliki rasa dan tekstur yang serupa dengan daging. Jamur bisa digunakan untuk mengganti bahan makanan seperti daging ayam, kalkun atau babi.

Mengganti daging dengan jamur dapat mengendalikan asupan kalori berlebih yang masuk ke dalam tubuh. Tentunya ini akan lebih sehat dan lebih aman bagi kesehatan tubuh.

5. Menurunkan Berat Badan

Ini 6 Manfaat Makan Jamur Secara TeraturIni 6 Manfaat Makan Jamur Secara Teratur Foto: iStock

Jamur sangat rendah kalori. Hanya ada sekitar 20 kalori dalam lima buah jamur kancing putih atau satu jamur portobello utuh.

Jamur juga cukup mengenyangkan. Dalam satu penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Appetite, orang-orang yang mengganti daging dengan jamur saat makan siang dapat mengurangi jumlah kalori dan lemak yang mereka makan.

6. Jumlah Melimpah

Jamur dapat tumbuh pada wadah yang disimpan di dalam ruangan dan tidak membutuhkan sinar matahari, lahan pertanian atau banyak air. Budidaya jamur cukup mudah dan tidak memerlukan perlakuan khusus.

Jamur bisa menjadi alternatif pengganti daging atau sebagai campuran saat mengolah daging. Mengonsumsi jamur sebagai pengganti atau bersamaan dengan daging dapat membantu mengurangi jejak karbon dalam makanan.

Baca Juga: Ini 5 Jamur yang Paling Disukai Orang



Simak Video "Masak Masak: Tips Bikin Camilan dari Jamur Enoki"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com