ADVERTISEMENT

Hanya Dengan Mengubah Pola Makan, Pria Ini Sembuh dari Autoimun!

Diah Afrilian - detikFood
Sabtu, 15 Mei 2021 06:00 WIB
Hanya Dengan Mengubah Pola Makan, Pria Ini Sembuh dari Autoimun!
Foto: Mirror UK

Belajar dari pengalaman Richard, berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga imunitas tubuh tetap kuat dan sehat:

Hanya Dengan Mengubah Pola Makan, Pria Ini Sembuh dari Autoimun!Hanya Dengan Mengubah Pola Makan, Pria Ini Sembuh dari Autoimun! Foto: iStock

1. Jaga kesehatan usus

Lebih dari 70% sistem imunitas berada pada usus. Banyak ahli yang percaya bahwa perkembangan kelainan atau gangguan autoimun berawal dari sini.

Mikroflora yang ada pada usus sangat memengaruhi sistem imunitas dan dapat dirusak melalui antibiotik, infeksi, stres, pola makan dan gaya hidup. Para ahli juga menyarankan untuk banyak konsumsi makanan yang difermentasi untuk mendapatkan probiotik yang baik.

2. Perhatikan pola makan secara keseluruhan

Ada kaitannya antara pola makan dengan bagian mengelola gejala-gejala yang berhubungan dengan penyakit autoimun. Pemilihan makanan sangat berpengaruh pada kekuatan imunitas dari nutrisi yang didapatkan melalui makanan.

"Beberapa penelitian menyarankan untuk makan seperti makanan nabati, diet makanan utuh, hindari makanan yang proinflamasi dan tingkatkan konsumsi makanan antiinflamasi yang dapat menguntungkan beberapa orang," kata Paul selaku CEO Lupus UK.

Louise juga mengatakan bahwa pola diet akan berbeda-beda hasilnya pada masing-masing individu. Sebaiknya konsultasikan pola diet yang ingin dijalankan terlebih dahulu kepada dokter yang bertanggung jawab.

Hanya Dengan Mengubah Pola Makan, Pria Ini Sembuh dari Autoimun!Hanya Dengan Mengubah Pola Makan, Pria Ini Sembuh dari Autoimun! Foto: iStock

3. Penuhi asupan vitamin D

Menurut Paul, vitamin D memiliki fungsi yang sangat penting untuk menjaga sistem imunitas. Bahkan kekurangan vitamin D juga ditemukan pada banyak penderita lupus yang ia temui.

"Banyak orang dengan penyakit lupus mengalami kekurangan vitamin ini," kata Paul.

Jika tidak memiliki sensitif terhadap matahari, Louise sangat menyarankan orang-orang untuk berjalan di luar ruangan di bawah matahari selama 10-15 menit perhari. Cara ini dikatakan cukup ampuh untuk meningkatkan kadar vitamin D.

4. Perhatikan hidrasi tubuh

Air dibutuhkan oleh tubuh bukan hanya sekadar untuk menghilangkan haus. Komposisi tubuh justru sebagian besar terdiri dari air, sehingga tubuh membutuhkan banyak air yang setiap harinya harus dipenuhi guna menjaga fungsi organ tubuh yang bekerja semestinya.

"Tubuh kita terdiri dari 60% air, jadi bukan hal yang mengejutkan bahwa kita butuh mengisi kembali kebutuhan tubuh untuk fungsi yang optimal," kata Louise.

Baca juga: 7 Nutrisi untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh di Masa Pandemi Covid-19


(dfl/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT