Berapa Sih Kalori Seporsi Opor dan Kue Kering?

Novia Aisyah - detikFood Jumat, 14 Mei 2021 09:30 WIB
Daftar Kalori Kue Kering Lebaran, dari Nastar hingga Putri Salju Foto: iStock
Jakarta -

Kalori satu porsi opor yang kita konsumsi saat lebaran ternyata punya jumlah yang kira-kira setara dengan kalori satu porsi mie goreng instan, begitu menurut Prof. Hardinsyah, pakar gizi dari Departemen Gizi Masyarakat IPB.

Membicarakan soal kalori ini, detikers memang perlu berhati-hati, pasalnya lebaran adalah momen yang membuat kita rawan mengkonsumsi berbagai hidangan secara tidak terkontrol.

Satu porsi opor yang kita santap saat lebaran mengandung kalori kira-kira 400 kalori. Sementara itu, satu butir kue nastar bisa 30 hingga 50 kalori.

Jika seperti itu, maka berapa butir jumlah ideal kue nastar yang harusnya kita konsumsi?

"Kalo namanya snacking itu kan paling 10 persen dari kebutuhan kita, sehari 200 kalori. Ini berarti 4-6 biji sehari selama 24 jam," ujar Prof. Hardin.

Walau batasannya adalah 4-6 biji dalam sehari, beliau menegaskan bahwa yang dimaksud bukanlah 4-6 biji sekali makan.

Dan perlu diingat lagi, bahwa di samping kue kering, kita juga biasanya menyantap makanan ringan sampingan lain seperti kue bolu dan sebagainya. "Cake saja sudah padat energi," tambah Prof. Hardin.

Terkait dengan batas konsumsi makanan, detikFood tak hanya menanyakan soal kalori satu porsi opor dan satu butir kue kering.

Sebagai informasi tambahan, detikFood juga menanyakan tentang batas maksimal konsumsi buah. Hal ini dikarenakan buah-buahan sendiri juga mempunyai rasa manis, walaupun sifatnya alami.

"Ya dianjurkan kan, 2 porsi satu hari ya. Kalau (misalkan) beli jeruk yang satu kilo (jumlahnya) delapan, berarti itu dua buah jeruk. Itu kan berarti satu buahnya sekitar 125 gram," kata Prof. Hardin.

Sehubungan dengan batas yang kita konsumsi, beliau juga menjelaskan bahwa jumlah maksimal asupan gula secara umum menurut Kemenkes adalah 4 sendok atau sekitar 60 gr. Tapi, menurutnya jika 2 batas sendok sudah cukup, maka kita tidak perlu sampai memenuhi batas atas.

Prof. Hardin juga menyarankan, kalau ingin tetap langsing setelah puasa, kita sebaiknya minum yang tawar seperti teh tawar atau kopi tawar.

Nah, kini detikers sudah tahu kan, berapa jumlah kalori yang terkandung dalam satu porsi opor dan satu butir kue kering, serta batas maksimal konsumsi buah dan gula dalam sehari. Jadi, jika ingin manfaat puasa kamu tidak sia-sia, jangan kalap ya, detikers!



Simak Video "Minum Kopi Bisa Bantu Turunkan Berat Badan?"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com