Daftar Kalori Kue Kering Lebaran, dari Nastar hingga Putri Salju

Diah Afrilian - detikFood Kamis, 13 Mei 2021 11:00 WIB
Daftar Kalori Kue Kering Lebaran, dari Nastar hingga Putri Salju Foto: iStock
Jakarta -

Saat lebaran, kue kering akan banyak ditemukan dan konsumsinya kerap tak terhindarkan. Sebelum makan kue kering, perhatikan kandungan kalorinya berikut ini.

Lebaran selalu identik dengan kue kering yang tersaji di meja. Bukan hanya satu macam, bahkan akan ada beberapa macam kue kering lebaran yang disajikan di meja tamu.

Kamu akan selalu menemukan sajian kue kering ini pada setiap rumah yang disinggahi. Kue kering sudah seperti tradisi yang harus disuguhkan untuk tamu yang berkunjung ke rumah saat hari lebaran.

Tetapi bagi kamu yang sedang diet sebaiknya perhatikan kandungan kalori yang akan masuk saat konsumsi kue lebaran. Masing-masing jenis kue lebaran memiliki kandungan kalori yang berbeda satu sama lain.

Berikut ini daftar kalori pada 5 kue kering lebaran:

Daftar Kalori Kue Kering Lebaran, dari Nastar hingga Putri SaljuDaftar Kalori Kue Kering Lebaran, dari Nastar hingga Putri Salju Foto: iStock

1. Kastengel

Kastengel menjadi salah satu kue kering yang cukup populer untuk disajikan di hari raya. Kue yang terbuat dari tepung terigu, mentega, telur, keju dan bahan-bahan lainnya ini memiliki cita rasa yang gurih.

Rasa gurih kastengel seringkali membuat penikmatnya sulit untuk berhenti makan. Ternyata, dibalik kelezatan kastengel ada tumpukan kalori yang harus diwaspadai.

Dalam satu takaran saji kastengel seberat 40 gram mengandung kalori sebanyak 189 kkal. Satu takaran saji kastengel ini berkisar antara 5-7 buah saja, jadi harus waspada ketika makan kastengel agar tak berlebihan.

2. Nastar

Kue gurih dengan isi selai nanas yang di bagian dalam ini menjadi incaran banyak orang di hari raya. Saat makan nastar beberapa orang akan sulit berhenti dari kelezatan nastar.

Kue yang terbuat dari tepung, gula, mentega, selai nanas dan beberapa bahan lainnya menjadi sajian kue kering yang disuguhkan pada tiap perayaan hari raya. Dibalik kelezatan dan selai nanas yang legit, nastar menyimpan timbunan kalori yang harus diwaspadai.

Dalam satu saji nastar seberat 25 gram dikatakan mengandung kalori sebanyak 108 kkal. Takaran saji nastar sebsar 25 gram ini setara dengan 3 buah nastar. Jadi, pastikan untuk tidak konsumsi nastar terlalu banyak.

Baca juga: Yuk, Intip Kalori Kue Nastar Hingga Lidah Kucing

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com