Terapkan 5 Hal Ini Saat Sahur, Agar Wajah Glowing dan Kulit Sehat

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 11 Mei 2021 03:00 WIB
Beauty routine. Attractive muslim girl in hijab holding mirror and looking at her face with perfect soft skin, sitting on sofa at home, free space Foto: Getty Images/iStockphoto/Prostock-Studio
Jakarta -

Lebaran tinggal menghitung hari. Agar wajah tetap glowing dan tidak kusam. Terapkan lima hal ini saat sahur hingga buka puasa.

Selama menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan, kulit wajah cenderung jadi kusam hingga kering. Karena kurangnya asupan cairan hingga makanan sehat yang bernutrisi.

Namun hal ini bisa dihindari jika kita mengubah pola makan saat sahur atau buka puasa. Agar wajah tetap glowing dan cerah di hari Lebaran, bisa ikuti beberapa pola makan ini. Serta mengurangi makanan-makanan yang terlalu berminyak hingga asin.

Dilansir dari Arab News (10/05), berikut lima hal yang bisa diterapkan saat sahur dan berbuka untuk menjaga kesehatan kulit.

Baca Juga: Menu Sahur dr Zaidul Akbar untuk Puasa Sehat Berenergi

1. Perbanyak Minum Air Putih

Ini Pentingnya Minum Air Putih Saat Menjalani Ibadah PuasaIni Pentingnya Minum Air Putih Saat Menjalani Ibadah Puasa Foto: iStock

Tak bosan-bosannya para dokter hingga ahli kesehatan untuk merekomendasikan konsumsi air putih. Meski harus berpuasa selama berjam-jam lamanya, tapi asupan air putih harus tetap terjaga.

"Berpuasa bisa membuat kulit wajah menjadi kering, hingga kusam sampai menimbulkan keriput karena dehidrasi. Ada kaitan yang erat antara asupan minum air putih, dengan kesehatan kulit," jelas Dokter Umesh Nihalani, dari Dubai London Clinic.

Ia menyarankan agar orang-orang minum dua liter air putih sehari. Bisa diminum secara berkala saat buka puasa hingga waktu sahur, sampai menjelang imsak.

2. Hindari Karbohidrat Olahan

vegetable clear soup with wooden spoon on wooden tablevegetable clear soup with wooden spoon on wooden table Foto: iStock

Makanan yang mengandung karbohidrat olahan sebaiknya dihindari. Makanan ini banyak ditemukan di tepung putih, makanan kemasan dan sebagainya.

"Karbohidrat olahan mengandung nutrisi yang rendah dan bisa meningkatkan bakteri jahat dalam perut. Tentunya hal ini bisa menimbulkan jerawat hingga beruntusan di kulit," lanjut Kotb.

Terutama saat sahur ketika tubuh mempersiapkan diri untuk berpuasa selama berjam-jam. Jadi ia menyarankan makanan bernutrisi seperti sop sayur bening, sayuran tumis, atau buah-buahan segar.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Kunci Puasa Lancar, Ahli Gizi: Penting Makan Sahur"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com