Menu Sahur dr Zaidul Akbar untuk Puasa Sehat Berenergi

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 29 Apr 2021 03:00 WIB
dr zaidul akbar Foto: detikHealth
Jakarta -

dr Zaidul Akbar terkenal dengan konsep Jurus Sehat Rasulullah (JSR). Untuk menu sahur, beliau pernah menyarankan kombinasi makanan ini untuk puasa yang sehat dan berenergi.

dr Zaidul Akbar merupakan dokter sekaligus pendakwah populer. Di Instagram, ia memiliki lebih dari 2,9 juta followers. dr Zaidul Akbar kerap membagikan resep-resep makanan sehat yang terinspirasi pola hidup Rasulullah SAW.

Urusan menu sahur, dr Zaidul Akbar pernah mengungkapnya seperti dikutip dari video YouTube Kitab Kuning (4/6/20). Saat itu ia tengah ceramah sekaligus berbagi ilmu.

Menu pertama yang disarankan adalah infused water dengan beragam isian rempah. "Anda bisa campur (irisan) kunyit, kencur, dan lada hitam. Cemplungin aja ke sini (botol isi air mineral). Dan ga usah di-refill (isi ulang). Kalau sudah selesai masa usianya, buang aja. Nggak bagus kalau di-refill," tutur lulusan Universitas Diponegoro ini.

Konsumsi Kunyit Efektif Mengendalikan dan Mencegah DiabetesMenu Sahur dr Zaidul Akbar untuk Puasa Sehat Berenergi Foto: iStock

Menurutnya, minuman ini membuat tubuh 'kebanjiran' vitamin dan mineral. Apalagi tiap rempah yang dimasukkan sudah terbukti memiliki banyak khasiat sehat.

dr Zaidul Akbar juga menyarankan makan kurma saat sahur. "Biasakan makan kurma dengan semangka. Kenapa? Sains menjelaskan bahwa ternyata Fe (zat besi) yang ada pada kurma ini terikat sempurna dan bisa meningkatkan fungsi Fe ini ketika bertemu dengan vitamin C," katanya.

Ia melanjutkan, "Maka makanlah kurma dengan semangka atau jeruk. Atau biar Anda kuat tulang-tulangnya, habis Anda makan kurma, Anda minum perasan jeruk nipis sama madu."

Baca Juga: Tips Sarapan Sehat dari dr Zaidul Akbar, Mudah Dicontek!

Menurutnya kombinasi minuman tersebut sangat bagus. "Vitamin C dapat, enzim dapat, semua (nutrisi) dapat dan perkasa luar biasa. Kenapa? Ada zat besi di sini (kurma). Kuat kita nanti. Dan jangan berlebihan," katanya.

Minyak zaitunMenu Sahur dr Zaidul Akbar untuk Puasa Sehat Berenergi Foto: iStock

Setelah mencukupi energi, dr Zaidul Akbar merekomendasikan asupan protein sehat saat sahur. "Ini minyak zaitun. Sains menjelaskan minyak zaitun mengandung MUFA (Monounsaturated fatty acids), salah satu minyak tersehat yang bisa digunakan untuk meningkatkan fungsi jantung, memperbaiki kolesterol, ada pada minyak zaitun," tuturnya.

Minyak zaitun bisa diminum 1 sendok makan (sdm) sesaat sebelum tidur. Lalu untuk sahur, dr Zaidul Akbar mengatakan, "Ketika Anda bangun, ketika sahur, minum infused water (yang diracik dengan rempah tadi), makan kurma 3 butir, dan minum minyak zaitun 1 sdm. Sudah cukup."

Yang tak kalah penting, dr Zaidul Akbar mengingatkan bahwa ramadan adalah bulan untuk meningkatkan fokus ibadah. "Jangan sibuk dengan makanan. Sibuk dengan ibadah saja. Banyakin zikir. Untuk yang kerja, kalau sudah selesai kerja, baca Alquran. Kita harus komitmen kalau di ramadan kita menjadi 'sahabatnya' Alquran," tutup dr Zaidul Akbar.

Baca Juga: 10 Tahun Sakit Maag, Wanita Ini Sembuh Usai Minum 'Ramuan Cinta'

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com