7 Cara Menguruskan Badan dengan Konsumsi Makanan Sehat dan Disiplin

Novia Aisyah - detikFood Minggu, 02 Mei 2021 04:00 WIB
5 Fakta Diet Reserve, Cara Menurunkan Berat Badan tanpa Stres Foto: iStock
Jakarta -

Cara menguruskan badan memang banyak sekali pilihannya. Mulai dari diet karbo, memperbanyak makan sayuran dan buah, mengurangi begadang, pergi ke gym, dan sebagainya.

Salah satu cara yang saat ini dianggap paling kekinian adalah berolahraga di gym. Namun, dikarenakan pandemi yang belum berakhir, pergi ke gym akan menambah risiko penularan COVID-19. Untuk terus tetap bergerak aktif, kamu juga bisa melakukan olahraga di rumah. Asal tahu tipsnya dan tetap disiplin, berat badan yang diinginkan bukan cuma sebatas mimpi!

Apa saja tipsnya? Simak caranya berikut ini!

1. Perbanyak minum air putih

Minum air putih secara rutin sudah lama dikenal memiliki banyak manfaat. Beberapa di antaranya adalah memperlancar metabolisme dalam tubuh dan mempercantik kulit.

Di samping itu, rutin minum air putih juga akan menghindarkan detikers yang tergoda untuk terus mengkonsumsi camilan.

Terkadang, perut kita dapat menipu dan membuat kita mengira bahwa sedang lapar, padahal sudah makan tepat waktu.

Jika detikers mengalami hal serupa, jangan terburu-buru makan lagi atau mengambil camilan, coba minum segelas air dulu karena terkadang sebetulnya kita cuma butuh lebih banyak air.

2. Fokus pada makanan tinggi protein

Makanan yang tinggi protein akan membantu detikers untuk dapat merasa kenyang lebih lama.

Melansir dari Healthline, diet tinggi protein juga meningkatkan masa otot dan kekuatannya. Untuk kamu yang berolahraga secara aktif, tentunya ini sangat membantu untuk perkembangan ototmu.

3. Tetapkan tujuan yang realistis

Tujuan yang realistis ketika diet akan membantumu untuk tidak mudah menyerah ketika apa yang dicapai masih belum cukup memuaskan.

Tujuan yang terlalu berlebihan justru bisa menyebabkanmu merasa gagal saat tidak dapat mencapai target berat badan yang diinginkan.

4. Cari teman untuk berolahraga

Cara menguruskan badan berikutnya adalah menemukan partner untuk berolahraga bersama.

Dengan adanya teman untuk berolahraga bersama, motivasi yang didapatkan juga akan lebih banyak. Hal ini dikarenakan, ketika ada teman berolahraga, kita akan berpikir bahwa ada orang lain yang sedang menunggu kita.

5. Kombinasikan olahraga yang dilakukan

Melansir dari Active, detikers tak perlu takut untuk mengganti atau mengkombinasikan olahraga yang dilakukan.

Dalam sumber tersebut dikatakan bahwa hal ini akan membuat otot terus menebak dan akan meningkatkan kekuatan serta ketahanannya.

Dan tentu saja, kombinasi gerakan olahraga yang berbeda akan menghindarkan detikers dari rasa bosan dan keinginan untuk berhenti berolahraga.

6. Tulis jurnal pencapaian

Detikers dapat menuliskan perkembangan dalam menguruskan badan serta perkembangan berolahraga agar lebih mudah untuk melihat apa yang perlu ditingkatkan, dikurangi, dan dipertahankan.

Terlebih lagi, menuliskannya dalam bentuk jurnal juga akan membuat detikers dapat melihat pencapaian yang telah didapatkan sehingga motivasi untuk menguruskan badan dapat terus menyala.

7. Pilih olahraga dengan interval intensitas yang tinggi

Kembali melansir dari Active, dibandingkan berjalan di treadmill dengan kecepatan rendah, lebih baik untuk melakukan olahraga dengan interval intensitas yang tinggi atau High Intensity Interval Training (HIIT).

HIIT adalah jenis olahraga paling efektif yang akan tetap membuat kalorimu terus terbakar, bahkan meskipun sedang berisitirahat.

Memang banyak cara menguruskan badan yang bisa dilakukan, tapi apa gunanya jika tidak dilengkapi disiplin. Ya kan, detikers?

(lus/lus)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com