7 Cara Mudah Membuat Makanan Lebih Sehat Menurut Ahli Gizi

Diah Afrilian - detikFood Senin, 26 Apr 2021 03:00 WIB
7 Cara Mudah Membuat Makanan Lebih Sehat Menurut Ahli Gizi Foto: iStock

3. Terapkan Perhitungan 80:20

7 Cara Mudah Membuat Makanan Lebih Sehat Menurut Ahli Gizi7 Cara Mudah Membuat Makanan Lebih Sehat Menurut Ahli Gizi Foto: iStock

Para ahli gizi sangat menyarankan untuk menerapkan hitungan 80:20 untuk mengisi piring makan dengan komposisi yang sempurna. Maksudnya adalah isi 80% piring makan dengan makanan-makanan utuh yang tinggi akan nutrisi dan 20% sisanya dengan makanan lain yang kamu inginkan.

Menurut para ahli gizi, cara ini menjadi cara yang paling efektif untuk meningkatkan pola makan yang lebih sehat. Misalnya, jika ingin makan pizza atau es krim, pastikan terlebih dahulu bahwa kamu sudah mengonsumsi 80% makanan tinggi nutrisi sebelumnya.

4. Konsumsi Buah-Buahan

Tidak harus buah dengan kualitas premium atau jenis buah tertentu. Buah-buahan yang dihasilkan dari pertanian lokal juga dikatakan sudah cukup untuk membuat porsi makan menjadi lebih sehat. Misalnya mangga, alpukat, jambu merah, dan sebagainya.

Buah mengandung makronutrien dan antioksidan yang sangat baik untuk tubuh. Oleh karena itu, konsumsi 5 porsi buah dan sayur dalam sehari sangat dianjurkan oleh ahli gizi untuk memperbaiki pola makan agar lebih sehat.

5. Kurangi Konsumsi Lemak Jenuh

7 Cara Mudah Membuat Makanan Lebih Sehat Menurut Ahli Gizi7 Cara Mudah Membuat Makanan Lebih Sehat Menurut Ahli Gizi Foto: iStock

Tubuh memiliki dua jenis kolesterol, yaitu kolesterol baik dan kolesterol buruk. Lemak jenuh menjadi pemicu meningkatnya kolesterol buruk dan menurunkan kadar kolesterol baik.

Ketika kolesterol buruk ini meningkat dengan tidak diimbangi oleh serat atau kolesterol baik, risiko penyakit jantung dan kardiovaskular akan semakin tinggi. Usahakan untuk mengurangi konsumsi lemak jenuh yang ada pada makanan seperti daging olahan, sosis serta makanan berlemak dan berminyak lainnya.

6. Tambahkan Asupan Serat

Serat menjadi teman baik jika kamu ingin tubuh yang lebih sehat. Menambahkan bahan makanan tinggi serat menjadi salah satu cara yang mudah untuk membuat porsi makan menjadi lebih sehat.

Ahli gizi menyarankan untuk setidaknya konsumsi serat sebanyak 20 gram - 25 gram per hari. Serat ini bisa didapatkan dengan konsumsi bahan makanan seperti apel dengan kulitnya, kacang-kacangan, roti yang terbuat dari gandum dan beberapa makanan dari biji-bijian utuh lainnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com