Manfaat Air Kelapa untuk Cegah Dehidrasi Selama Puasa

Yenny Mustika Sari - detikFood Minggu, 18 Apr 2021 16:30 WIB
Air Kelapa Tua Punya Nutrisi Berlimpah Foto: Getty Images/iStockphoto/pilipphoto
Jakarta -

Salah satu minuman yang baik dikonsumsi selama puasa adalah air kelapa. Karena, air kelapa dapat membantu untuk mencegah dehidrasi. Ini sebabnya!

Selama puasa kita tidak diperbolehkan makan dan minum. Oleh karenanya, tubuh kita pasti akan kekurangan cairan dan menyebabkan dehidrasi.

Untuk mencegahnya, ada beberapa makanan dan minuman yang baik dikonsumsi. Seperti buah yang kaya air dan minum air putih yang cukup. Alternatif lainnya bisa mengonsumsi air kelapa.

Tak heran, selama bulan Ramadan banyak sekali penjual kaki lima yang menawarkan kelapa muda. Kamu bisa menyajikan air kelapa dengan tambahan es batu agar lebih menyegarkan.

Dilansir dari Says (25/5), air kelapa baik dikonsumsi untuk mencegah dehidrasi dan membuat tubuh tetap segar. Air kelapa yang dikonsumsi saat buka puasa bisa mengisi kembali cairan tubuh yang berkurang.

Tropical green coconuts opened for the drinking water with straws.air kelapa Foto: iStock

Karena, air kelapa mengandung elektrolit yang merupakan mineral alami yang terdapat dalam makanan dan tubuh. Zat bermuatan listrik ini dapat dengan mudah diserap oleh tubuh dan bisa menghidrasi tubuh lebih cepat.

Baca Juga: 7 Buah Kaya Air yang Baik Dikonsumsi Saat Sahur Agar Tubuh Terhidrasi

Selain itu, mengonsumsi cairan elektrolit yang cukup dapat menjaga keseimbangan elektrolit yang sehat dalam tubuh. Bisa juga menyeimbangkan kadar pH, detoksifikasi, dan meningkatkan kesehatan otak.

Dilansir dari Khaleej Times (12/6), air kelapa juga mengandung potasium yang berfungsi dalam memberikan hidrasi optimal pada tubuh. Mitun Desarkar ahli nutrisi dan diet dari Dubai juga menganjurkan minum air kelapa saat buka puasa agar tubuh kembali terhidrasi, seperti dilansir dari Gulf News (9/5).

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Panduan Ibadah Tarawih dan Tadarus di Bulan Ramadhan"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com